BI Checking Kini Berganti ke Sistem Layanan Informasi Keuangan yang Dikelola OJK

Masyarakat atau pelaku keuangan di Sumatera Selatan pun kini mulai beralih menyambangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 7

BI Checking Kini Berganti ke Sistem Layanan Informasi Keuangan yang Dikelola OJK
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Penyerahan informasi debitur (ideb) dari pimpinan OJK KR 7 Sumbagsel, Panca Hadi Suryatno dan Sabil kepada masyarakat pengguna SLIK di ruang PELAKU OJK KR 7 Sumbagsel, Selasa (9/1/2018). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Terhitung sejak 1 Januari 2018 lalu, Bank Indonesia (BI) mengalihkan fungsi pengaturan, pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi Perkreditan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

Masyarakat atau pelaku keuangan di Sumatera Selatan pun kini mulai beralih menyambangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 7 untuk mendapatkan informasi.

Nur misalnya, awalnya ia sempat tak mengetahui jika sistem informasi debitur tak lagi dikelola Bank Indonesia.

Namun setelah mendapatkan informasi terbaru dirinya langsung datang ke OJK KR 7 yang berlokasi di Jalan Residen Abdul Rozak.

"Prosesnya sama tak jauh beda dengan BI Checking," ujarnya.

Kepala OJK KR 7, Panca Hadi Suryatno menjelaskan, pengalihan fungsi pengaturan, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi perkreditan telah melalui masa transisi sejak 31 Desember 2013, dengan berjalannya pelaporan Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikelola BI dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola OJK secara paralel selama periode April-Desember 2017.

Selama masa transisi tersebut, BI dan OJK telah melakukan koordinasi yang sangat baik, khususnya dalam penyempurnaan ketentuan dan pengelolaan SID serta penyusunan pengaturan dan pengembangan SLIK OJK.

Dengan pengalihan fungsi tersebut, BI menghentikan operasional dan layanan SID kepada seluruh Pelapor SID dan masyarakat sejak 31 Desember 2017.

Selanjutnya, pengelolaan sistem informasi perkreditan hanya dilaksanakan oleh OJK melalui SLIK yang akan diimplementasikan secara penuh mulai 1 Januari 2018.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help