Pekerjaan Jembatan Musi IV Terkendala Pembebasan Lahan untuk Jalan, Minta Bantuan Pusat

Pengerjaan jalan menuju jembatan musi lV masih terkendala masalah dana pembebasan lahan dari Jl KH Azhari menuju Jl Ahmad Yani.

Pekerjaan Jembatan Musi IV Terkendala Pembebasan Lahan untuk Jalan, Minta Bantuan Pusat
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kasi Leger Jalan, Evaluasi dan Pantauan Teknis, Dinas PU BM dan Tata Ruang Sumsel, Hilmansyah. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kasi Leger Jalan, Evaluasi dan Pantauan Teknis, Dinas PU BM dan Tata Ruang Sumsel, Hilmansyah mengakui pengerjaan jalan menuju jembatan musi lV masih terkendala masalah dana pembebasan lahan jalan KH Azhari menuju jalan Ahmad Yani.

Hal ini dikarenakan Pemprov Sumsel tidak memiliki anggaran yang memadai untuk membebaskan lahan tersebut. Padahal sejauh ini kalau untuk pengerjaan fisik jembatan tidak ada masalah.

Adapun lahan yang harus dibebaskan untuk kebutuhan jalan itu sepanjang 886 meter dengan lebar 35 meter.

"Saat kami turun di lapangan, rumah-rumah di sana banyak rumah yang jadi tempat usaha. Ada kos-kosan maupun usaha tempat makan. Jadi memang butuh dana cukup besar untuk membebaskan lahan di situ," ungkap Hilmansyah, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, sebenarnya masyarakat yang lahannya terkena imbas pembangunan sangat mendukung sekali adanya jembatan Musi IV yang diproyeksi untuk menyukseskan Asian Games 2018 tersebut.

"Dana yang kita bisa bayarkan cuma Rp10 miliar, itu dana APBD 2017, dari estimasi Rp200 miliar yang kita butuhkan untuk pembebasan lahan itu. Jadi masalah kita di situ," terangnya.

Ia juga mengatakan, kalau dana Rp200 miliar itu dinilainya sangat besar kalau masuk APBD, sehingga satu-satunya cara untuk membebaskan lahan tersebut butuh bantuan pihak pusat.

"Harapan kita pembebasan lahan ini terus dilanjutkan. Dan harapannya, kemungkinan minta bantuan dengan Kementerian di pusat," katanya.

Hilmansyah menyebut, kalau dihitung-dihitung, justru anggaran untuk kontruksi jembatan lebih rendah dibandingkan anggaran untuk pembebasan lahan.

Jembatan Musi IV ini dibangun untuk meringankan beban Jembatan Ampera yang lalu lintasnya kian padat, terutama saat gelaran Asian Games.

Pembangunannya hampir bersamaan dengan Jembatan Musi VI yang lokasinya 3 km ke arah hilir Jembatan Ampera, sedangkan Jembatan Musi IV, 2 km ke arah hulu Jembatan Ampera.

Keduanya dibangun untuk mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan memecah kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Sudirman.

Nantinya Jembatan Musi IV juga akan terhubung dengan Jalan Lingkar Selatan Palembang. Pengerjaan jembatan yang memiliki panjang 1.124 meter dan lebar 12 meter tersebut.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved