Anda Dalam Keadaan Emergency Hubungi Call Center 119, Ambulans dan Layanan Gratis Datang

Masyarakat cukup menghubungi nomor layanan 119 untuk mendapatkan layanan ambulance dan layananan kesehatan secara gratis.

Anda Dalam Keadaan Emergency Hubungi Call Center 119, Ambulans dan Layanan Gratis Datang
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para petugas PMI dan mobil ambulan yang siaga di pos pelayanan di simpang lima lampu merah Kampus Palembang 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas Kesehatan Kota Palembang menyiapkan layanan Public Safty Center (PSC) siap melayani masyarakat selama 24 jam.

Untuk menikmati layanan ini, masyarakat cukup menghubungi nomor layanan 119 untuk mendapatkan layanan ambulance dan layananan kesehatan secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Letizia, Senin (8/1) mengatakan, layanan ini merupakan layanan 24 jam untuk pempercepat layanan kepada masyarakat.

"Selama ini belum ada yang 24 jam, pihak yang membutuhkan layanan cepat bisa menelpon ke 119. Sejak dilaunching sudah dilaksanakan dan sudah beberapa kali melayani korban kecelakaan," ujarnya.

PSC ini terdiri dari tim medis seperti dokter, perawat, dan sopir. "Kami menyiapkan dua ambulance yang akan stand by di tempat layanan PSC yang berada di Dinas Kesehatan Kota Palembang," ujarnya.

Selain disediakan di kantor Dinas Kesehatan Kota Palembang setiap puskesmas saat ini sudah tersedia ambulance kecuali Puskesmas Multi Wahana Sako dan Tegal Binangun.

"Dengan call center ini penanganan menjadi lebih cepat, sebab kita sudah sediakan dokter, perawat dan sopir ambulance di setiap puskesmas," ujarnya.

Selama ini, puskesmas yang belum tersedia ambulance dapat meminjam puskesmas terdekat, jika ada pasien yang membutuhkan.

Tak hanya di puskesmas, di dinkes juga tersedia dua ambulance untuk pelayanan public safety center. Pelayanan ini terkoneksi untuk membantu kasus gawat darurat seperti kecelakaan.

Pelayanan 24 jam puskesmas di Palembang ini untuk meningkatkan pelayanan dari biasanya sampai pukul 16.00 menjadi 24 jam.

Pelayanan pada malam hari ini tidak dilengkapi dengan fasilitas pelayanan poli, seperti pelayanan poli gigi pada siang hari.

"Jadi untuk pelayanan 24 ini untuk layanan yang bersifat darurat. Sehingga sebelum ditangani di rumah sakit, pasien bisa ditangani di puskesmas," ujarnya.

Pelayanan di 12 puskesmas tersebut yakni Puskesmas Makrayu, Padang Selasa, Merdeka, Basuki Rahmat, 5 Ilir, Sei Selincah, 7 Ulu, Pembina, Kertapati, Alang-Alang Lebar (AAL), Sematang Borang  dan Gandus. 

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help