Pemilihan Walikota Pagaralam

Panwaslu Libatkan Anggota Pramuka Awasi Pilkada Pagaralam

TPS akan diganti oleh anggota Pramuka yang kita sebut dengan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)

Panwaslu Libatkan Anggota Pramuka Awasi Pilkada Pagaralam
SRIPOKU.COM/WAWAN
Ilustrasi: Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitritai sat memasangkan selempang kepada anggota Pramuka Pagaralam yang akan mengikuti Jamnas di Jakarta. 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Pada Pilkada Kota Pagaralam 2018 mendatang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pagaralam akan melibatkan anggota Pramuka dari seluruh SMA se Kota Pagaralam untuk melakukan pengawasan proses pemungutan dan penghitungan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini diungkapkan oleh Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kota Pagaralam, Edy Ahmadi kepada Sripoku.com, Jumat (5/1/2018).

Menurutnya, hal ini berbeda dengan pemilu lalu yakni Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dimana setiap TPS diawasi oleh satu orang Pengawas Pemilih Kelurahan (PPL).

"Untuk Pilkada kali ini rencananya PPL di setiap TPS akan diganti oleh anggota Pramuka yang kita sebut dengan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)," jelas Edy.

Ditambahkannya, mereka ini nantinya berada di bawah naungan anggota PPL yang saat ini tengah dilakukan oleh Panwascam.

"Nanti akan ada satu PPL di setiap kelurahan dan untuk di setiap ada satu PTPS yakni anggota pramuka tersebut," ujarnya.

Untuk mekenisme perekrutan PPL sendiri pihak Panwaslu saat ini masih dalam tahap pendaftaran, mengingat ada beberapa kelurahan yang belum ada pendaftar maka terpaksa pendaftaran diperpanjang.

"Dijadwalkan pada 17 Januari mendatang anggota PPL sudah kita lantik. Pasalnya pada 14-15 Januari adalah tahap penyeleksian atau tes bagi anggota PPL," katanya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help