Sains Jelaskan, Saat Bulan Purnama Kenapa Risiko Kecelakaan Motor Meningkat?

Di Indonesia, sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat umum dijumpai. Tapi siapa sangka ada waktu tertentu yang membahayakan

Sains Jelaskan, Saat Bulan Purnama Kenapa Risiko Kecelakaan Motor Meningkat?
ISt
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Di Indonesia, sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat umum dijumpai. Tapi siapa sangka ada waktu tertentu yang membahayakan untuk berkendara dengan sepeda motor, yaitu saat bulan purnama.

Berita Lainnya:  3 Pelajar SMP di PALI Tewas Mengerikan di Tengah Jalan. Lihat Apa yang Dilakukan Bocah Ini

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ tersebut menjelaskan bahwa saat pemandangan pinggir jalan di bawah malam yang terang benderang mungkin indah, tapi juga bisa membahayakan perhatian.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti dari Amerika dan Kanada menunjukkan bukti peningkatan risiko kecelakaan sepeda motor saat bulan purnama. Hal ini dibandingkan dengan saat malam yang tidak begitu indah.

Para peneliti mengakui bahwa mungkin ada faktor pembaur yang bermain dalam hal ini. Tapi mereka mengingatkan bahwa berkendara selama bulan purnama dapat menganggu dan menganjurkan pengendara sepeda motor berhati-hati dan menjaga mata mereka di jalan.

"Kesadaran akan risiko tersebut dapat mendorong pengendara motor lebih berhati-hati selama bulan purnama dan, lebih umum lagi, untuk memahami gangguan yang terlihat kecil setiap saat," kata Donald Redelmeier, Ph.D dan Eldar Shafir, Ph.D, penulis penelitian tersebut dikutip dari Inverse, Minggu (31/12/2017).

Mereka menggunakan catatan kecelakaan kendaraan bermotor dari 1975 hingga 2014 di Amerika Serikat. Mereka membandingkan jumlah kecelakaan sepeda motor yang terjadi pada malam bulan purnama dengan jumlah korban jiwa yang terjadi pada satu minggu sebelum dan sesudah purnama.

Dari 13.029 korban jiwa selama masa studim terjadi lebih dari 1.482 malam yang relevan, mereka menemukan peningkatan sederhana pada malam bulan purnama.

Sebanyak 4.494 kecelakaan fatal terjadi pada 494 malam bulan purnama. Sedangkan 8.535 kecelakaan terjadi pada 988 malam tanpa bulan purnama.

Ini berarti rata-rata 9,10 kecelakaan setiap malam bulan purnama. Sedangkan 8,64 kecelakaan terjadi setiap malam tanpa bulan purnama.

Mungkin peningkatan kecelakaan tersebut terlihat kecil, tapi ini adalah salah satu yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Jadi, kita tak bisa menolaknya.

Tak hanya di Amerika Serikat, peneliti juga menemukan hal serupa dalam data dari Kanada, Australia, dan Inggris.

Para peneliti mencatat bahwa temuan mereka menegaskan bahaya dari teralihkan, terutama peningkatan risiko selama supermoon. Jika Anda memang harus berkendara dengan sepeda motor saat bulan purnama, ada baiknya untuk lebih berhati-hati.

Penulis: Resa Eka Ayu Sartika
Sumber: Inverse

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://sains.kompas.com/ dengan Judul:
Sains Jelaskan Kenapa Risiko Kecelakaan Motor Meningkat Saat Purnama

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved