Bitcoin Ulang Tahun ke-9, Lantas Hendak Dibawa ke Mana?

INI HARI sembilan tahun lalu, 3 Januari 2009, bitcoin mulai diperdagangkan. Ia mencuri perhatian dunia. Perkembangannya fantastis

Bitcoin Ulang Tahun ke-9, Lantas Hendak Dibawa ke Mana?
ISTIMEWA
Bitcoin logam 

SRIPOKU.COM - INI HARI sembilan tahun lalu, 3 Januari 2009, bitcoin mulai diperdagangkan. Ia mencuri perhatian dunia.

Perkembangannya fantastis dan agresif, bikin dag dig dug investornya. Namun, sampai hari ini masih juga ada banyak pertanyaan mengiringi bubble mata uang virtual ini.

Berita Lainnya:  Bingung Harus Mulai Darimana? Ini Panduan Pemula Kalau Ingin Investasi Bitcoin

Konon, pada 2009 itu, Satoshi Nakamoto yang diklaim sebagai creator Btc (bitcoin) mengirimkan sejumlah Btc ke koleganya. “Transfer” ini disertai catatan “The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks”.

Kiriman dan pesan tersebut menandai dimulainya transaksi dengan mata uang virtual Btc di seluruh dunia dalam sebuah sistem Blockchain Bitcoin alias Genesis Block.

Jauh sebelum itu terjadi, Satoshi yang hingga sekarang belum diketahui orangnya yang mana, memformulasi Btc sedemikian rupa. Akibatnya, perkembangan Btc mengalami pasang-surut.

Waktu itu, ada kekhawatiran para creator-nya tentang respons masyarakat keuangan dunia tehadap Btc. Karenanya, mata uang virtual yang sekarang paling populer ini ‘hidup’ secara underground lewat komunitasnya yang ekslusif.

Kini, Btc telah mencuri perhatian masayarakat keuangan dunia bahkan otoritas negara membicrakannya sebagai isu internasional. Btc kemudian menjadi ‘mainan’ baru dunia investasi para kalangan berduit yang haus produk baru mendulang keuntungan berlipat.

Akun pemilik bitcoin wallet terus bertambah pesat dalam beberapa tahun terakhir. Data terakhir menyebut, ada 21,4 juta bitcoin wallet di penghujung 2017.

Dari jumlah itu, beberapa ratus ribu di antaranya dimiliki para member yang terdaftar di Bitcoin.co.id. Hingga saat ini, ada lebih dari seratus Crypto Exchanges di lebih dari 50 negara.

Halaman
1234
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help