Durian Semidang Aji Kabupaten OKU Mulai Dijual di Pinggir Jalan Raya

Buah durian yang baru jatuh dari pohon yang dijual sepanjang jalan ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengendara yang berlalu lalang.

Durian Semidang Aji Kabupaten OKU Mulai Dijual di Pinggir Jalan Raya
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Buah Durian di Desa Asamkelat Kecamatan Semidangaji Kabupaten OKU. 

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Musim libur sekolah bertepatan dengan mulai tibanya musim durian di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Beberapa penjual durian mulai menjajakan buah berduri tersebut di pinggir jalan raya.

Seperti yang tampak di sepanjang jalan  menuju Kecamatan Semdiangaji Kabupaten OKU Rabu (27/12). Pedagang mulai menjajakan buah durian hasil kebun sendiri.

Harga yang dipatok bervariasi tergantung kualitas buah mulai dari harga Rp 5000/buah hingga Rp 30.000/buah.

Buah durian yang baru jatuh dari pohon  yang dijual sepanjang jalan ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengendara yang berlalu lalang.

Apalagi pemudik yang pulang kampung liburan sekolah , terlihat anak-anak diajak serta menikmati buah durian langsung dari dekat pohonnya.

Beberapa pedagang durian mengaku, musim durian tahun ini memang sudah lama ditunggu-tunggu karena sudah beberapa tahun pohon durian tidak berbuah.

Namun diakui, musim durien kali ini tidak begitu menggembirakan, karena hanya berbuah sebagian saja itupun kurang berkualitas.

Namun petani tetap bersyukur, setidaknya musim durian ini bisa mengobati rindu mencicip buah durian dari kebun sendiri.  

Bahkan banyak kebun durian miliki petani yang tidak berbuah, sebab saat masih berkembang beberapa bulan lalu curah hujan cukup tinggi sehingga bunga durian rontok semua.

Seperti dituturkan warga Desa Asamkelat Kecamatan Semidangaji, Ismail (37), menurutnya sebelum dia melihat durian di kebunnya di seberang sungai sudah berkembang walapun tidak lebat.

Namun sebulan kemudian setelah diperiksa ternyata tak satupun yang menjadi buah,” terlalu lebat hujan , sehingga bunganya tidak ada yang lengket,” kata ayah dua anak ini.

Berbeda dengan durian, duku memang terlihat lebih lebat buahnya walaupun masih kecil-kecil. Tahun ini musim buah durian tidak serentak dengan buah duku. Karena buah duku diperkirakan baru masak sekitar bulan Febrauari tahun depan.

Penulis: Leni Juwita
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved