Pemilihan Walikota Pagaralam

Kurang Jumlah Dukungan, Balon Independen Masih Bisa Daftar ke KPU Pagaralam

Ditegaskannya adapun jumlah minimal dukungan yang harus diserahkan oleh calon independen adalah 10.452.

Kurang Jumlah Dukungan, Balon Independen Masih Bisa Daftar ke KPU Pagaralam
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Ilustrasi: Sejumlah PPK dan PPS saat melakukan verifikasi administrasi berkas calon perorangan di Kantor KPUD Pagaralam, Kamis (30/11/2017). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pagaralam menetapkan Senin (25/12/2017) kemarin merupakan batas akhir Verifikasi Faktual (Vertual) untuk semua berkas dukungan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota dari jalur Perseorangan (independen).

Sebagaimana diketahui KPUD Kota Pagaralam melakukan vertual tiga berkas dukungan bakal calon independen sejak 12 Desember 2017 lalu dengan melibatkan seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Pagaralam.

Divisi Program dan Data KPUD Kota Pagaralam, Rahmad Qori Setiawan membenarkan jika Senin (25/12/2017) kemarin merupakan batas akhir vertual jumlah dukungan balon independen.

"Setelah Vertual ini selesai maka kita menunggu pleno tingkat PPS dan PPK setelah itu baru tingkat KPU yang akan kita plenokan di penghujung Desember mendatang," kata Qori kepada Sripoku.com, Selasa (26/12/2017).

Dijelaskan Qori, apapun hasil pleno KPU nanti tidak akan mempengaruhi proses pendaftaran calon yang akan dimulai Januari 2018 mendatang.

"Walaupun jumlah dukungan mereka kurang dari jumlah minimal namun bakal pasangan calon masih bisa mendaftar ke KPUD," jelasnya.

Namun, kata Qori, jika memang jumlah minimal dukungan yang diserahkan balon berkurang saat dilakukan vertual maka harus diperbaiki atupun ditambah oleh yang bersangkutan.

"Jadi pendaftarannya kita terima dulu dan kita berikan waktu untuk melakukan perbaikan atau penambahan jumlah dukungan sesudah pendaftaran," katanya.

Ditegaskannya adapun jumlah minimal dukungan yang harus diserahkan oleh calon independen adalah 10.452.

"Jika saat vertual jumlah tersebut berkurang maka yang bersangkutan harus membayar dua kali lipat jumlah kekurangan tersebut," tegasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help