Libur Natal dan Tahun Baru, Polda DI Yogyakarta Keluarkan Larangan Ini

Untuk mengurangi kecelakaan dan kepadatan selama libur natal dan tahun baru 2018, Polda DIY mengambil kebijakan melarang bus besar

Libur Natal dan Tahun Baru, Polda DI Yogyakarta Keluarkan Larangan Ini
SRIPOKU.COM/AMINUDDIN
Ilustrasi - Kompleks Candi Prambanan. 

SRIPOKU.COM, YOGYAKARTA - Untuk mengurangi kecelakaan dan kepadatan selama libur natal dan tahun baru 2018, Polda DIY mengambil kebijakan melarang bus besar pengangkut wisatawan masuk ke obyek wisata Dlingo, Bantul dan obyek wisata Breksi, Prambanan, Sleman.

Berita Lainnya:  Liburan Natal dan Tahun Baru akan Ada Hujan Salju di Amanzi Waterpark

"Kesepakatan dengan Dinas Perhubungan, untuk sementara tidak diperkenankan bus-bus besar membawa wisatawan masuk ke daerah Dlingo atau Mangunan maupun juga ke Breksi," kata Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri sela-sela pemantauan bahan pangan di Pasar Niten, Bantul, Rabu (20/12/2017).

Namun demikian, wisatawan tidak perlu khawatir, karena untuk bus ukuran 3/4 dan kendaraan pribadi masih diperbolehkan untuk melintasi jalan di dua obyek wisata tersebut. "Jadi hanya bus yang 3/4 atau kendaraan kecil yang boleh masuk," katanya.

Kebijakan ini, menurut kapolda, untuk mengantisipasi kemacetan, dan kecelakaan yang kerap terjadi di wilayah itu. Diperkirakan wisatawan akan meningkat saat libur natal dan akhir tahun. "Dari laporan Dinas Pariwisata kemungkinan adanya penambahan kunjungan wisatawan," ucapnya.

Dofiri menyebutkan untuk mengantisipasi kemacetan saat perayaan malam tahun baru di kawasan Malioboro akan diberlakukan rekayasa arus lalu lintas. "Malioboro itu nanti isinya dawet semua itu, karena tahun baru. Mau lewat ya susah. Oleh karena itu kita berlakukan rekayasa lalu lintas," ujarnya.

Untuk pengamanan libur natal dan tahun baru, Polda DIY menyiagakan 1.700 personel ditambah anggota polisi yang ada di Polsek dan Polres serta anggota TNI, Satpol PP dan elemen masyarakat. Selain itu Polda DIY juga menggandeng ormas.

PenulisKontributor Yogyakarta, Markus Yuwono

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
Libur Natal dan Tahun Baru, Polda DIY Keluarkan Larangan Ini

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help