SriwijayaPost/

Siap Dijual Tahun Depan, 18 Destinasi Unggulan Indonesia

Setelah tahun ini Kementerian Pariwisata menetapkan 10 destinasi prioritas, tahun depan akan ada 18 destinasi di Nusantara yang siap dijual

Siap Dijual Tahun Depan, 18 Destinasi Unggulan Indonesia
Horas Sumut News
Danau Toba. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Setelah tahun ini Kementerian Pariwisata menetapkan 10 destinasi prioritas, tahun depan akan ada 18 destinasi di Nusantara yang siap dijual di ranah mancanegara.

Berita Lainnya:  Destinasi Wisata Religius di Palembang, Begini Pesona Kampung Arab Al Munawar

Belasan destinasi tersebut tersebar di beberapa wilayah, yaitu Medan (Danau Toba), Batam, Belitung, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta (Borobudur), Solo, Surabaya (Bromo-Tengger), dan Banyuwangi.

Ada pula Balikpapan, Bali, Lombok, Makassar, Manado, dan tentunya Raja Ampat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata ke IV 2017, di The Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

"Sebanyak 18 destinasi prioritas itu nanti fokus kita jual oleh VIWI (Visit Indonesia Wonderful Indonesia) ke delapan pasar internasional yang potensial," ujarnya.

Penentuan 18 destinasi tersebut, menurut Arief, merupakan hasil koordinasi dengan para stakeholder VIWI 2018. VIWI sendiri merupakan konversi branding Wonderful Indonesia dari menjadi selling alias penjualan paket wisata.

VIWI menggabungkan 16 asosiasi pariwisata untuk memasarkan paket-paket wisata, terutama dari 18 destinasi tersebut. Ketua VIWI 2018, Haryadi Sukamdani, mengatakan 18 destinasi tersebut dipilih berdasarkan kelayakan unsur 3A yaitu Atraksi, Amenitas, dan Akomodasi.

"Selain itu (destinasi) yang favorit juga di kalangan wisman. Lalu kita saring juga dari kapasitas seat pesawat, yang bisa banyak nampung wisatawan," tutur Haryadi.

Menurutnya, kapasitas kursi pesawat ke sebuah destinasi sangat menentukan ramainya kunjungan. Karena berdasarkan data Kementerian Pariwisata, wisman yang datang ke Indonesia 90 persen dari penerbangan. Kecuali Kepulauan Riau.

Sebelumnya, Kemenpar menetapkan 10 destinasi prioritas yang disebut sebagai "Bali Baru". Mencakup Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Sementara itu pada 2018, sebanyak 18 destinasi tersebut akan dijual dengan paket wisata. Ada delapan target pasar dominan yaitu Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, Korea, Australia, Eropa, Timur Tengah-Arab, dan Asia Selatan (India, Srilanka).

Penulis: Muhammad Irzal Adiakurnia

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://style.tribunnews.com/ dengan Judul:
Ini 18 Destinasi Unggulan Indonesia yang Siap Dijual Tahun Depan

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help