SriwijayaPost/

Pemilihan Walikota Pagaralam

Saat Verifikasi Berkas Dukungan Balon Perorangan, KPUD Pagaralam Temukan KTP Non Elekronik

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada bahwa bukti dukungan diwajibkan melampirkan fotokopi e-KTP

Saat Verifikasi Berkas Dukungan Balon Perorangan, KPUD Pagaralam Temukan KTP Non Elekronik
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
KPUD Pagaralam melakukan verifikasi berkas dukungan balon Walikota dan Wakil Walikota jalur independen, Kamis (30/11/2017). 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Meskipun hasil verifikasi administrasi berkas dukungan balon perseorangan atau independen akan diumumkan melalui pleno KPUD besok, Jumat (8/12/2017), namun saat dilakukan verifikasi oleh petugas, KPUD Kota Pagaralam menemukan berkas dukungan yang diserahkan balon yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) banyak yang belum berbentuk KTP Non Elektronik.

Bahkan parahnya ada KTP semasa Pagaralam masih di bawah Kabupaten Lahat.

Ketua Divisi Program dan Data KPUD Kota Pagaralam, Rahmad Qori Setiawan mengatakan, hasil verifikasi ditemukan juga bentuk dukungan yang dilampiri fotokopi Kartu Keluarga (KK), sehingga bukti dukungan ini dinyatakan tidak sah atau tidak memenuhi persyaratan.

"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada bahwa bukti dukungan diwajibkan melampirkan fotokopi e-KTP atau minimal surat keterangan dari Disdukcapil," jelas Qori.

Dijelaskannya dengan ditemukannya fotokopi KTP non elektronik dan KTP lama tersebut membuat jumlah dukungan yang diserahkan balon berkurang.

"Dan jika kekurangan tersebut mempengaruhi jumlah minimal yang ditetapkan KPUD Pagaralam yaitu 10.452 maka kekurangan tersebut harus diganti sejumlah dua kali lipat jumlah kekurangan," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KPUD Kota Pagaralam menerima tiga berkas dukungan dari balon perseorangan yakni pasangan Novirzah-Suharindi dengan jumlah dukungan 14.819 kemudian pasangan Ludi Oliyansyah-A Fachri dengan jumlah dukungan 13.371 dukungan dilanjutkan dengan pasamgam Hermanto-Musubaqoh dengan jumlah dukungan 11,662 dukungan.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help