SriwijayaPost/

Spanduk Balon Pilkada Lahat Bertebaran di Tiang Listrik dan Pepohonan, Ini Jawaban Panwaslu

Keberadaan spanduk bakal calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Lahat mulai bertebaran di sejumlah titik, terutama di tepian jalan lintas.

Spanduk Balon Pilkada Lahat Bertebaran di Tiang Listrik dan Pepohonan, Ini Jawaban Panwaslu
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Tampak spanduk yang terpasang di Simpang Kodim Lame Keluarahan Pasar Lama, Kecamatan Kota Lahat, Rabu (6/12). 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Keberadaan spanduk bakal calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Lahat mulai bertebaran di sejumlah titik, terutama di tepian jalan lintas.

Tak sedikit dari spanduk yang dipasang melanggar ketentuan, seperti di pasang di tiang listrik hingga pepohonan.

Terkait hal ini, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Lahat, Sepsata Adrian, mengatakan pihaknya memang berencana akan menertibkan keberadaan spanduk yang telah bertebaran saat ini.

Hanya saja, pihaknya masih menunggu ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tentunya ada rencana ke situ (penertiban, red). Hanya saja kan ketetapan dari KPU belum keluar, jadi belum bisa kita lakukan sekarang," terang Sepsata, Rabu (6/12).

Nah, jika ketetapan dari KPU sudah keluar, lanjutnya baru bisa dilakukan penertiban terhadap spanduk, berkoordinasi dengan Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP).

"Adapun prosedurnya, kita surati terlebih dahulu pihak pemilik spanduk yang dinilai melanggar ketentuan. Jika surat teguran tidak diindahkan, barulah kita lakukan eksekusi," jelasnya.

Untuk sementara, lanjut pria berkacamata ini, pihaknya hanya bisa memberikan himbauan kepada para Balon untuk mematuhi peraturan atau ketentuan yang berlaku didalam pemasangan spanduk.

"Saya himbau, pasanglah di tempat-tempat yang telah ditentukan. Jangan dipasang di fasilitas umum, tiang listrik atau pepohonan," imbaunya. 

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help