SriwijayaPost/

Panwascam di Ogan Komering Ilir Harus Memahami Tugas

Sehingga perlu pembekalan dan bimtek dapat menjadi modal bagi rekan-rekan panwascam untuk bekerja di lapangan.

Panwascam di Ogan Komering Ilir Harus Memahami Tugas
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Anggota Panwaslu Ihsan Hamidi SAg MPdI membidangi divisi pencegahan hubungan antar lembaga meminta panwascam harus profesional dan tegas, Selas (5/12/2017). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Aula Hotel Dinesti 2 Kayuagung, dilaksanakan Senin-Selasa (4-5/12/2017).

Ketua Panwaslu OKI Fahrudin SH didampingi anggota Ihsan Hamidi SAg MPdI, dan Hadi Irawan SHI divisi SDM dan Organisasi mengatakan, bimtek panwascam se-Kabupaten OKI sangat penting dilaksanakan, karena kerja panwas kecamatan sangat berat.

Sehingga perlu pembekalan dan bimtek dapat menjadi modal bagi rekan-rekan panwascam untuk bekerja di lapangan.

"Dilaksanakan bimtek ini, karena tidak semua anggota panwascam ini orang lama, banyak orang-orang baru sehingga perlu bekal yang matang sekali," ujar Fahrudin yang juga membidangi divisi hukum dan penindakan pelanggaran, meminta bahwa panwascam harus memiliki pemahaman tugas, kewenangan dan kewajiban dari pengawas pemilu.

"Disini panwaslu harus paham kerjanya seperti apa, dan apa tugasnya, serta wewenang serta kewajibannya," tutur Pahruddin seraya beruca tak hanya itu, panwascam juga memahami dasar hukumnya apa, bagaimana melakukan pengawasan, termasuk pengawasan itu sendiri maknanya apa.

Seperti kegiatan yang menganalisa, mengamati dan mengkaji. Semua itu harus sudah tertanam dalam jiwa seorang panwas itu sendiri.

Ditambahkan Ihsan membidangi divisi pencegahan hubungan antar lembaga, lebih lagi paswascam harus mengetahui dan memahami bagaimana kira-kira permasalahan yang cenderung muncul dalam masa kampanye.

"Saya harap peserta bimtek pahami dan jangan dianggap remeh karena tugas kita berat, sebab kita bisa langsung mengeksikusi temuan di lapangan, kita pemutusnya," tegas Ihsan yang berharap anggota paswascam harus profesional dan tegas.

Sebab itu, pengawasan menurut Ihsan perlu dilakukan, untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas.

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help