SriwijayaPost/

Lebung Sumber Perikanan di Ogan Ilir Resmi Dilelang untuk Naikan PAD

Ratusan titik lebak lebung yang tersebar di-14 Kecamatan dalam lingkungan Kabupaten Ogan Ilir (OI), resmi dilakukan pelelangan.

Lebung Sumber Perikanan di Ogan Ilir Resmi Dilelang untuk Naikan PAD
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Salah satu titik lebung di Ogan Ilir yang dilelang. 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA - Ratusan titik lebak lebung yang tersebar di-14 Kecamatan dalam lingkungan Kabupaten Ogan Ilir (OI), resmi dilakukan pelelangan.

Kegiatan pelelangan lebak lebung berlangsung Selasa (5/12), (kemarin, red) di masing kantor-kantor Camat dan diikuti ratusan peserta dari semua kalangan.

Ratusan titik lebak lebung yang dilelang tersebut, antara lain berada di Desa Tanjung Senai, Tanjung Batu, Tanjung Raja dan Desa-desa lainnya di Kabupaten OI yang memiliki lebak penghasil sumber daya perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten OI melalui Kabid Perikanan Hasan Hery saat dikonfirmasi menjelaskan, tahun ini ada dua ratus titik lebak lebung dilakukan pelelangan.

Lanjutnya, dari 16 Kecamatan yang dilakukan pelelangan hanya Kecamatan Payaraman yang tidak memiliki objek sumber daya perikanan.

"Kali ini, ada 14 Kecamatan yang melakukan pelelangan lebak lebung. Sedangkan satu Kecamatan yakni Kecamatan Sungai Pinang menyusul pada tanggal (6/12) karena ada kegiatan lain yang tidak bisa diganggu," jelas Hasan Hery, Selasa (5/12).

Diungkapkannya, dengan dilakukannya kegiatan pelelangan lebak lebung tentu akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten OI.

Lelang dilakukan secara terbuka, dan bagi peserta yang menawar tertinggilah yang akan memenangkan pelelangan dan akan mendapatkan salah satu titik objek lebak lebung yang legal untuk menangkap ikan.

Seperti diketahui, peserta yang datang dalam proses lelang lebak lebung tersebut, khususnya di Kecamatan Inderalaya berasal dari semua kalangan, ada juga dari pengusaha dan swastawan.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help