SriwijayaPost/
Home »

News

» Sains

Bukan Cuma Manusia yang Bisa Berhitung, Hewan ini Juga Bisa Berhitung

Banyak orang berpikir bahwa kemampuan untuk berhitung dan memecahkan masalah matematika yang kompleks hanya dimiliki manusia.

Bukan Cuma Manusia yang Bisa Berhitung, Hewan ini Juga Bisa Berhitung
ISTIMEWA
Simpanse 

Banyak orang berpikir bahwa kemampuan untuk berhitung dan memecahkan masalah matematika yang kompleks hanya dimiliki manusia. Namun, siapa sangka beberapa hewan ternyata juga memiliki kemampuan matematika dasar dan dapat berhitung.

Banyak studi kasus di kerajaan hewan yang menunjukkan kemampuan terkait kuantitas. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Simpanse
Pada akhir 1980-an, para peneliti berhasil menunjukkan bahwa simpanse dapat menambahkan jumlah cokelat dalam dua mangkok makanan, membandingkan jumlahnya dengan mangkok lain dan dengan benar memilih mangkok dengan jumlah isi yang lebih besar.

Dua puluh tahun kemudian, para peneliti membuktikan jika monyet rhesus dapat menghitung dengan cepat 80 persen jumlah benda yang ada di layar, seperti yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Lalu, dalam percobaan lanjutan, para peneliti menunjukkan bahwa monyet bisa mencocokkan jumlah suara yang mereka dengar dengan jumlah bentuk yang mereka lihat di layar.

2. Singa

Selain primata, singa ternyata juga mampu menangkap hal yang berkaitan dengan suara. Penelitian yang pernah dilakukan memaparkan bahwa singa akan memilih untuk mendekati atau mundur tergantung dari jumlah singa pengacau yang mengaum dan jumlah anggota yang memihak di kelompok mereka sendiri.

3. Lebah
Kemampuan serupa juga dapat diamati pada lebah. Serangga ini kerap dipuji karena kognisi mereka yang luar biasa.

Para peneliti sudah tahu sejak lama bahwa serangga tersebut dapat menghitung, setidaknya sampai angka empat, tetapi pada tahun 1990-an, para peneliti menemukan bahwa lebah madu bisa tahu sejauh mana mereka telah meninggalkan sarang dengan menghitung jumlah penanda di sepanjang jalan. Mereka juga akan kebingungan jika peneliti mengubah penanda.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help