Inspirasi

Ingin Beli Rumah dengan Harga Pas? Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini

Siapa yang tak ingin punya rumah baru? Hampir semua orang menginginkannya, termasuk Anda. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh rumah baru.

Ingin Beli Rumah dengan Harga Pas? Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini
VISUAL PHOTOS
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Siapa yang tak ingin punya rumah baru? Hampir semua orang menginginkannya, termasuk Anda. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh rumah baru.

Salah satunya ialah meminjam uang ke bank. Namun, Anda sering kali melanggar aturan peminjaman uang. Menurut beberapa pakar ekonomi, cicilan pinjaman tidak boleh lebih dari 30 persen dari total gaji.

Berita Lainnya:  Jangan Bingung, Beli Rumah atau Beli Apartemen? Ini Panduannya. . .

Jika jumlahnya lebih dari 30 persen, Anda akan kesulitan untuk membayar cicilan tersebut.

Namun apa daya, tawaran berupa cicilan rendah dari bank sering kali membuat Anda tergiur. Anda pun dengan mudah menyetujui tawaran kredit tersebut.

Padahal, jika diteliti lagi, ada beberapa kesalahan yang membuat Anda rugi. Kesalahan seperti apakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. DP Pas-Pasan Akibatnya Pinjaman Terlalu Banyak
Memang benar jika Anda membutuhkan uang yang banyak ketika hendak membeli rumah. Namun, jangan sampai semua uang yang dibutuhkan berasal dari pinjaman bank.

Hal ini akan berdampak besar pada kesehatan finansial Anda. Jika memiliki tabungan, coba ambil sebagian dari tabungan tersebut.

Meskipun bank menawarkan bunga yang rendah, tetap sesuaikan dengan kemampuan Anda untuk membayar pinjaman tersebut. Jika Anda tidak mampu membayar cicilannya, alangkah baiknya jika meminjam sesuai jumlah yang dibutuhkan saja.

2. Tidak Menghitung Biaya Tambahan
Semua masalah tidak langsung selesai saat Anda telah membeli rumah. Mengapa? Sebab Anda memerlukan biaya lain-lain, seperti biaya notaris, pajak, dan biaya agen.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved