SriwijayaPost/

Dispar Sulawesi Selatan Berencana Kembangkan Wisata Halal di Toraja

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Provinsi Sulsel, Yulianus Batara Saleh mengatakan pihaknya berencana akan mengembangkan wisata halal di Toraja.

Dispar Sulawesi Selatan Berencana Kembangkan Wisata Halal di Toraja
Online News - blogger
Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. 

SRIPOKU.COM, MAKASSAR – Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Yulianus Batara Saleh mengatakan pihaknya berencana akan mengembangkan wisata halal di Toraja.

Berita Lainnya:  Kopi Rarobang, Kopi Racikan Asli Khas Orang Ambon

“Saat ini kita punya persoalan di Toraja. Sama seperti Bali dulu di tahun 80-an, sulitnya wisata halal, terutama wisata kulinernya. Makanya mau kita kembangkan wisata halal di sana,” ujar Yulianus saat ditemui dalam acara Celebes Travel Market 2017 di Grand Clarion Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (22/11/2017).

Ia menjelaskan, persoalan tersebut timbul ketika mulai bertambahnya wisatawan nusantara berkunjung ke Toraja. Wisatawan yang datang ke Toraja didominasi oleh wisatawan nusantara. Bahkan 70 persennya adalah umat Muslim.

“Satu tahun bisa satu juta wisatawan nusantara datang ke Toraja. Dan mereka sulit mendapatkan makanan halal,” katanya.

Adapun rencananya, Dispar Sulsel akan mulai mensosialisasikan dari hal kecil. Seperti halnya, memberi kesempatan pengusaha untuk membuka bisnis wisata halal, seperti menyediakan kuliner halal.

Kemudian juga soal ketersediaan tempat ibadah dan hotel yang ada di Toraja. Dia berharap, nantinya di setiap hotel menyediakan tempat ibadah yang nyaman.

Namun, Yulianus menjelaskan untuk targetnya sendiri belum dapat ditentukan. Sebab, masih akan berdiskusi dan melakukan koordinasi dengan pihak lain.

Penulis: Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
Dispar Sulsel Berencana Kembangkan Wisata Halal di Toraja

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help