SriwijayaPost/

Indahnya Pantai Krokoh Gunungkidul yang Belum Terjamah

Garis panjang pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, sekitar 80 km. Baru separuh yang dijadikan lokasi obyek wisata,

Indahnya Pantai Krokoh Gunungkidul yang Belum Terjamah
Jarangpanas.com
Keindahan Gunungkidul yang Belum Terjamah. 

SRIPOKU.COM , YOGYAKARTA - Garis panjang pantai di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, sekitar 80 km. Baru separuh yang dijadikan lokasi obyek wisata, sementara sisanya masih belum tergarap dengan baik. Salah satunya Pantai Krokoh di dusun Putat, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo.

Berita Lainnya:  Sangat Indah Tapi Menakutkan Ini 5 Pantai di Indonesia yang Menyimpan Misteri Tak Boleh Dilanggar

Dengan hamparan pasir putih pantai yang tepatnya di sebelah timur Pelabuhan Sadeng ini cocok untuk pelancong yang ingin berkemah.

Menuju batas kampung masih cor beton dan untuk menuju ke Pantai Krokoh dari ujung dusun sekitar 900 meter melewati jalan yang dibuat warga. Menurut rencana jalan ini akan diprogramkan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2018.

Rabu (22/11/2017) jajaran ASN Kodim 0730/GK dan Minved IV-16/GK melakukan bakti sosial membersihkan pantai Krokoh. Ini adalah pantai yang cukup indah dan alami.

Pantai ini diapit oleh dua tebing pegunungan yang biasanya digunakan oleh para pemancing.

Dandim 0730/GK Letkol Inf Muh Taufik Hanif Y menyampaikan Pantai Krokoh dipilih sebagai kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dalam rangka menyambut HUT ke-46 Korpri.

Sebanyak 50 orang anggota Kodim dan ratusan warga sekitar membersihkan pantai. "Agar pantai Krokoh menjadi bersih, indah, nyaman dan bisa dikenal oleh masyarakat untuk berwisata di tempat ini," kata Taufik.

Sampah berupa ranting pohon bambu, kayu, pelepah kelapa, sampai botol minuman plastik memenuhi pantai Krokoh.

Dandim meminta kepada masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata untuk tetap menjaga kebersihan pantai Krokoh. "Dengan kebersihan maka akan tercipta kesehatan. Hidup sehat dan peduli lingkungan akan menimbulkan banyak manfaat bagi manusia," ucapnya.

Kepala Dusun Putat, Desa Songbanyu, Slamet Sutrisno mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya Kodim 0730 Gunungkidul. Alasannya, potensi yang ada sampai saat ini belum dikelola dengan baik sehingga belum menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Pantai Krokoh ini sangat bagus karena pasirnya putih, dan masih banyak hewan kecil hidup bebas," katanya.

Menurut Sutrisno, untuk mencapai pantai Krokoh memerlukan perjuangan cukup berat. Jika pengunjung dari arah Wonosari, lebih baik melalui Pracimantoro, Wonogiri. "Semoga jalannya dibangun pada tahun 2018 melalui TMMD," katanya.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
Pantai Krokoh, Keindahan Gunungkidul yang Belum Terjamah

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help