SriwijayaPost/

BPJS Ketenagakerjaan Serap Pekerja Informal Sebagai Peserta

Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI) menjadi Desa Sadar NPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Serap Pekerja Informal Sebagai Peserta
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Secara simbolis Bupati OI HM Ilyas Panji Alam (kiri) menyerahkan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada warga Desa Burai dalam kegiatan sosialisasi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tidak saja menyerap tenaga kerja formal seperti pegawai Pemerintahan, swasta, PNS, serta pegawai BUMN.

Namun, BPJS Ketenagakerjaan juga menyerap sekaligus memberikan perlindungan sosial kepada tenaga kerja informal sektor BPU seperti para petani, buruh-buruh angkut, nelayan, peladang serta tukang ojek.

Jadi, semua pekerja baik pekerja formal maupun informal dilindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palembang Rasyidin SH saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi "Desa Sadar" BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan sosialiasi Desa Sadar BPJS ketenagakerjaan berlangsung di Balai Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (23/11) dan dihadiri Bupati OI HM Ilyas Panji Alam beserta ratusan warga masyarakat setempat.

Menurut Rasyidin SH selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Palembang menegaskan, Desa Burai merupakan Desa ketiga yang ada di Provinsi Sumsel yang telah dilakukan sosialisasi yang bertajuk Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan setelah sebelumnya yakni berlangsung di Desa Lalan Kabupaten Muba dan Desa Sumber Makmur Kabupaten OKI.

"Dipilihnya Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan, karena Desa ini sudah banyak para pekerja baik pekerja formal maupun pekerja informal. Dari sebanyak 723 jiwa pekerja, 543 jiwa diantaranya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, sebanyak 800 jiwa aparatur Desa juga sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. Jadi, BPJS tidak hanya memberikan jaminan kepada pekerja formal saja. Melainkan juga memberikan jaminan kepada pekerja informal," tutur Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang Rasyidin SH.

Ia menambahkan, tugas kedepan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perisai menambah peserta melalui sosialisasi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

"Adapun fasilitas yang kami berikan kepada peserta baik pekerka formal maupun pekerja informal antara lain yakni Fasilitas Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Pensiun (JP)," tambahnya.

Sementara itu, dihadapan ratusan warga masyarakat Desa Burai, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dalam sambutannya menyebutkan, BPJS ini lembaga milik Pemerintah dan tidak mungkin akan menyengsarakan masyarakat.

"Kami sangat mendukung upaya yang telah dicanangkan oleh pihak BPJS. Dimana, Desa Burai ini sebagai Desa percontohan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," kata Bupati OI.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help