SriwijayaPost/

TelkomGroup Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Saat Acara Ngunduh Mantu Putri Presiden RI

Dukungan yang disediakaan TelkomGroup untuk seluruh pengunjung termasuk awak media yakni sarana media center

TelkomGroup Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Saat Acara Ngunduh Mantu Putri Presiden RI
Dok Telkomsel
Tim ICT sedang melakukan mobile test jaringan untuk mengamankan penggunaan jaringan telekomunikasi saat acara Ngunduh Mantu Puteri Presiden Republik Indonesia. 

MEDAN - Dalam rangka mengantisipasi tingginya trafik telekomunikasi pada acara Ngunduh Mantu Putri Presiden RI Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan digelar mulai 24-26 November 2017, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan serta menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi guna mendukung kelancaran salah satu perhelatan akhir tahun yang ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Medan.

Dukungan yang disediakaan TelkomGroup untuk seluruh pengunjung termasuk awak media yakni sarana media center dengan infrastruktur jaringan Astinet 300 Mbps yang dilengkapi dengan dua titik IndiHome berkecepatan masing-masing 100 Mbps.

Selain itu, khusus untuk menunjang kegiatan pengamanan acara di Posko Utama Perhubungan Kodam (Hubdam) I/BB, TelkomGroup juga menyiapkan fasilitas Astinet 10 Mbps, IndiHome 10 Mbps, Metro untuk CCTV dengan kapasitas 44 Mbps dan 24 Mbps, serta enam access point Wifi.id dengan kecepatan masing-masing 100 Mbps.

General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar menjadi juru bicara dalam press conference terkait topik Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ngunduh Mantu Putri Presiden RI.
General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar menjadi juru bicara dalam press conference terkait topik Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ngunduh Mantu Putri Presiden RI. (Dok Telkomsel)

Sementara itu, anak usaha Telkomsel juga turut melakukan pengawalan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan komunikasi seluler pelanggan dan masyarakat.

Selain melakukan optimalisasi jaringan, Telkomsel juga meningkatkan kapasitas jaringan di seluruh titik penting selama acara berlangsung.

General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar menjadi juru bicara dalam press conference terkait topik Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ngunduh Mantu Putri Presiden RI.
General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar menjadi juru bicara dalam press conference terkait topik Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ngunduh Mantu Putri Presiden RI. (Dok Telkomsel)

General Manager ICT Operation Region Sumbagut Yogi Rizkian Bahar mengatakan, “Kebutuhan telekomunikasi seluler dipastikan akan meningkat, mengingat acara ini tidak hanya sekedar diramaikan oleh undangan maupun awak media, tetapi juga masyarakat Medan yang antusias menantikan Ngunduh Mantu ini.

Hal ini berpotensi akan meningkatkan trafik komunikasi, baik suara maupun layanan data.

Untuk menjaga agar pelanggan dapat terus berkomunikasi dengan nyaman dan menikmati kualitas terbaik, maka Telkomsel menambah kapasitas jaringan, khususnya untuk menjaga kualitas layanan data,”.

General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar saat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari awak media yang hadir di Media Center Ngunduh Mantu Puteri Presiden RI.
General Manager ICT Operation Sumbagut – Yogi Rizkian Bahar saat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari awak media yang hadir di Media Center Ngunduh Mantu Puteri Presiden RI. (Dok Telkomsel)

Tingginya penggunaan layanan data tersebut antara lain dipicu oleh aktivitas sosial media serta penggunaan aplikasi pesan instan oleh para tamu undangan dan masyarakat, seperti mengunggah foto dan video di lokasi kegiatan.

Di samping itu, pengunjung juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi penting dari berbagai sumber, termasuk informasi terkait acara Ngunduh Mantu itu sendiri.

Optimalisasi jaringan yang dilakukan Telkomsel di seluruh area kegiatan antara lain dengan menempatkan Compact Mobile Base Station (COMBAT) 2G/3G/4G di Main Hall, penambahan BTS dan peningkatan kapasitas BTS 4G di kawasan Bukit Hijau Regency yang mampu menampung lonjakan trafik hingga 360% dari kondisi normal atau setara dengan 15.000 pelanggan yang menggunakan layanan seluler secara serentak.

Sehingga dari peningkatan ini, pelanggan akan tetap dapat menikmati akses layanan data dengan cepat dan nyaman meski disekitar lokasi kegiatan terbilang dipadati oleh pengguna seluler.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik ke BTS di sekitar kegiatan.

MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang meng-cover acara ini terutama di lokasi COMBAT, sehingga bila terjadi permasalahan terkait catuan daya listrik, maka MBP siap menggantikannya.

Seluruh persiapan pengawalan infrastruktur dan layanan komunikasi dalam menyambut acara Ngunduh Mantu yang telah dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat ini telah dipersiapkan TelkomGroup secara matang sebagai upaya menciptakan great experience seluruh tamu undangan dan masyarkat Indonesia, khususnya warga medan yang turut menghadiri acara ini. (rel)

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help