SriwijayaPost/

Legilitas dan Keabsahan Forum Kades se Kabupaten OKI Dipertanyakan, Banyak Kades tak Tahu

Legalitas atau keabsahan Forum Kepala Desa (Kades) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dipertanyakan.

Legilitas dan Keabsahan Forum Kades se Kabupaten OKI Dipertanyakan, Banyak Kades tak Tahu
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Kades Tapus Kecamatan Pampangan Amid Redi

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Legalitas atau keabsahan Forum Kepala Desa (Kades) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dipertanyakan.

Pasalnya, Ketua Forum Kades Yakub MS itu dibentuk tanpa adanya anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), serta tanpa sepengetahuan oleh seluruh kades yang ada di Bumi Bende Seguguk.

Berdasarkan, pengakuan Kades Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan OKI, Asmadi mengakui, tidak mengetahui terkait pemilihan atau Musda dalam rangkaian pemilihan Ketua Forum Kades Kabupaten OKI.

"Saya tidak terlibat dalam pemilihan Ketua Forum Kades, padahal saya juga punya hak dalam penentuan itu," kata Asmadi yang akrap disapa Giok.

Masih kata Giok, sejogyanya seluruh kades yang ada di OKI, harus terlibat dalam pemilihan. "Kalau tidak ada musyawarah daerah berarti tidak syah dalam penentuan Ketua Forum Kades," tegas Giok yang berminat jadi Ketua Forum.

Kepala Desa Tapus, Kecamatan Pampangan, Amid Redi, bahwa dirinya tidak tahu adanya pemilihan atau Musda dalam rangka pemilihan Ketua Forum Kades Kabupaten OKI.

"Saya pribadi belum tahu adanya Musda Ketua Forum Kades se-OKI, tapi yang heran koq sudah ada Ketua Forum Kades OKI, kapan pelaksanaan Musda-nya," cetus Amid, Selasa (14/11/2017).

Amid juga menegaskan, pihaknya akan menggugat Forum Kades OKI yang telah terbentuk, mengingat pemilihannya tanpa sepengetahuan seluruh Kades di OKI dan terkesan diam-diam.

"Ada apa ini, mengapa saya dan banyak Kades lain yang tidak dilibatkan dalam pemilihan Ketua Forum Kades se-OKI ini," pungkasnya.

Senada dikatakan Kades Sungai Pasir, Kecamatan Cengal, Delli Alapa, bahwa dirinya tidak pernah mendapat undangan ataupun pemberitahuan terkait Musyawarah Pembentukan Forum Kades OKI.

Halaman
12
Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help