Inspirasi

Sukses, Cerita Sugeng Binis Buah Apel dengan Kredit Usaha Kecil

Sugeng Slamet memulai bisnis apelnya dari Kredit Usaha Kecil (KUK) yang diberikan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sekarang, usaha bernama

Sukses, Cerita Sugeng Binis Buah Apel dengan Kredit Usaha Kecil
http://ekonomi.kompas.com/
Sugeng Slamet, pemilik UD Gelora membangun pabrik pengolahan apel. (KOMPAS.com/Yoga Hastyadi Widiartanto) 

SRIPOKU.COM , MALANG - Sugeng Slamet memulai bisnis apelnya dari Kredit Usaha Kecil (KUK) yang diberikan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sekarang, usaha bernama UD Gelora itu membesar hingga bisa membangun pabrik pengolahan apel.

Sugeng sendiri mengetahui dan mengambil kredit tersebut setelah mendapatkan tawaran langsung dari BCA.

Berita Lainnya:  Pekerja Pemula! Kredit Mobil atau Pakai Taksi Online, Mana Lebih Menguntungkan?

Saat itu dia merupakan nasabah aktif KPR BCA KCP Batu. Karena dinilai memiliki riwayat kredit yang baik, BCA menawarkan kredit usaha kecil (KUK) kepadanya, melalui program cross selling.

Sugeng menyambut tawaran itu dan akhirnya memakai kucuran dana dari KUK BCA untuk mengembangkan bisnis apelnya.

“Awalnya saya memulai usaha buah apel ini dari kredit modal kerja yang ditawarkan oleh BCA. Saya saat itu memang nasabah aktif KPR BCA, kemudian mendapatkan tawaran kredit,” terang Sugeng saat ditemui di pabriknya, Sabtu (11/11/2017).

KUK yang dipinjamkan oleh BCA sebagai modal awal adalah Rp 600 juta pada 2009. Kemudian, Sugeng mengajukan lagi Rp 800 juta pada 2014.

Modal tersebut dipakainya untuk mewujudkan bisnis pengepul apel dan membuat konsep kemitraan dengan para petani apel di sekitar Batu.

Dalam konsep kemitraan tersebut, Sugeng mengucurkan pinjaman untuk digunakan sebagai biaya operasional petani. Besarnya mulai Rp 7 juta hingga Rp 70 juta tanpa bunga.

Selain kemitraan, Sugeng juga melakukan edukasi agar para petani yang ada di bawah naungannya bisa menghasilkan apel kualitas unggul. Beberapa di antaranya dengan anjuran menggunakan pupuk organik yang mudah diperoleh dan efektif.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved