SriwijayaPost/
Home »

Video

News Video Sripo

Simak Meriahnya Festival Palembang Djoeang Lestarikan Permainan Tradisional

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pelajar Sd sampai SMP yang ada di Kota Palembang. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu Lomba dan Atraksi Permaina

Laporan Video Wartawan Sriwijaya Post, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar Festival Palembang Djoeang di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera),Minggu(12/11/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pelajar Sd sampai SMP yang ada di Kota Palembang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu Lomba dan Atraksi Permainan Anak Tradisional (Egrang, Bakiak, Balap Karung, Lompat Karet, Giring Ban, Congklak, Balap Ban Karet, Bentengan, Yoyo, Gasing, Gerobak Sodor, dll), Lomba selain diatas Monpera, Mapala panjat dan bersih-bersih Monpera, serta penampilan Band dan komunitas yang ada di Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, HKM Isnaini Malang mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan semangat juang yang secara perlahan telah tergerus teknologi.

"Selain untuk memperingati hari pahlawan, event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata Kota Palembang serta memberikan semangat juang yang perlahan tergerus oleh teknologi, " ujar Isnaini.

Dipilihnya beberapa permainan tradisional yang dilombakan pada hari ini mendapatkan respon yang sangat bagus dari setiap sekolahnya. Terlihat ramai ya peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Kita memperkenalkan permainan tradisional kembali kepada anak-anak agar tetap bisa dilestarikan.

Permainan tradisional sehat kok, jadi lebih baik daripada mereka hanya bermain gadget," ujar Isnaini

Selain itu, kegiatan ini pun akan mengajak seluruh pelajar untuk gotong royong membersihkan area Monpera.

" Guna menjaga kebersihan objek wisata, kita juga nanti akan mengajak anak-anak untuk bersih-bersih lingkungan Monpera, " ujar Isnaini.

Acara ini pun ikut dimeriahkan oleh beberapa komunitas yang ada di Palembang serta Mapala yang akan mempertontonkan sebuah atraksi Single Roop Technic yaitu turun menggunakan serta tali dari puncak Monpera.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help