SriwijayaPost/
Home »

News

» Sains

Kenangan Pahit dengan Si Mantan Bisa Dilupakan, bila Otak Memiliki Ini

Semua orang pasti memiliki kenangan yang sebenarnya tidak ingin diingat lagi, tetapi telah membekas di dalam otak.

Kenangan Pahit dengan Si Mantan Bisa Dilupakan, bila Otak Memiliki Ini
http://sains.kompas.com/
Kenangan masa lalu. 

SRIPOKU.COM - Semua orang pasti memiliki kenangan yang sebenarnya tidak ingin diingat lagi, tetapi telah membekas di dalam otak.

Entah itu perpisahan yang pahit dengan mantan, pertengkaran dengan saudara, film horor, atau hal-hal tidak menyenangkan lainnya; ternyata otak dapat melupakannya bila memiliki gamma-Aminobutyric acid (GABA) yang cukup.

Berita Lainnya:  Ingat Yunita Lestari Mantan Istri Daus Mini. 3 Tahun Cerai, Ternyata Begini Kabarnya Biking Pangling

Sebenarnya, GABA merupakan sebuah neurotransmiter. Ia bertugas untuk membawa pesan atau sinyal di antara neuron, dan dapat ditemukan di seluruh sistem saraf pusat mamalia, termasuk manusia.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa GABA memainkan peran penting dalam menekan pikiran dan ingatan yang tidak diinginkan di wilayah otak yang disebut hippocampus (bagian otak besar yang terletak di lobus temporal dan berperan untuk mengingat, red).

Dalam penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communication, Jumat (3/11/2017), cara ini disebut dapat membantu manusia untuk mengurangi pikiran yang tidak diinginkan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Cambridge ini menyebutkan bahwa GABA juga memberi petunjuk tentang apa yang salah di dalam otak seorang penderita penyakit skizofrenia.

Seperti dilansir dari Live Science, Rabu (8/11/2017), para peneliti mengamati 24 otak orang muda yang sehat untuk mengingat kembali kenangan di masa lalu.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa peserta yang memiliki lebih banyak GABA pada hippocampus dapat lebih mengendalikan memori dan kenangan daripada mereka yang memiliki sedikit GABA.

Namun, mengukur jumlah GABA dalam otak seseorang bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help