SriwijayaPost/

Ini. . . Kelemahan Land Rover Defender Lawas

Ada salah satu kelemahan Land Rover Defender 110 County yang disadari oleh penggemar mobil tersebut, yakni kopling yang cenderung keras ketika

Ini. . .  Kelemahan Land Rover Defender Lawas
http://otomotif.kompas.com/
Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017). (Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan) 

SRIPOKU.COM, Jakarta - Ada salah satu kelemahan Land Rover Defender 110 County yang disadari oleh penggemar mobil tersebut, yakni kopling yang cenderung keras ketika diinjak. Namun, kelemahan tersebut cenderung tidak dipersoalkan oleh mereka.

Berita Lainnya:  Ini Biaya Perbaikan Land Rover Lawas yang Ditumpangi Joko Widodo

Hal itulah yang diakui oleh Iwan Kurniawan, pengguna Defender County yang sempat ditumpangi oleh Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu pada 3 November silam.

Ditemui KompasOtomotif pada Minggu (5/11/2017), Iwan sempat memperlihatkan kerasnya kopling mobilnya itu.

"Ini koplingnya keras banget, tapi ciri khas Defender memang seperti itu," ujar dia.

Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.
Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015. (Land Rover/Carscoop)

Defender adalah model ikonis dari daratan Inggris. Produksi Defender pertama mulai diproduksi pada 1983 oleh British Leyland, jauh sebelum Jaguar Land Rover yang mulai melakukannya pada 2009.

Jaguar Land Rover sudah memutuskan menghentikan produksi Defender pada Januari 2016 untuk digantikan model baru yang lebih modern.

Dari cerita sesama penggemar Defender, Iwan menyebut "penyakit" kerasnya kopling ini juga dialami para pemilik Defender County lansiran paling akhir.

"Yang keluaran tahun 2016 juga sama. Cuma yang semua punya Defender orang-orang yang maniak. Mereka enggak peduli," ujar Iwan.

Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017).
Presiden Jokowi naik mobil off road Land Rover Defender County saat meninjau ruas jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017). (Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan)

Iwan merupakan sahabat dari si pemilik mobil, Rusdi. Keduanya inilah yang membangun kembali mobil yang tadinya sudah dalam kondisi rusak parah sampai akhirnya terlihat mulus saat ditumpangi oleh Presiden Jokowi.

Untuk pembenahan mobil yang diproduksi tahun 1989 ini, Rusdi dan Iwan berburu suku cadang hingga sekitar 1,5 tahun. Lamanya waktu mencari itu disebabkan cukup sulitnya mencari suku cadang asli dari mobil tersebut.

Setelah seluruh suku cadang yang dibutuhkan terkumpul, mobil kemudian direstorasi selama sekitar empat bulan di bengkel custom Casablanca Works di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur.

Penulis: Alsadad Rudi

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Kelemahan Land Rover Defender Lawas

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help