SriwijayaPost/

Efisien! YesDok, Pelayanan Kesehatan Secara Online

Empat dokter profesional menciptakan aplikasi telemedicine on-demand yang memungkinkan setiap pasien di Indonesia terhubung langsung

Efisien! YesDok, Pelayanan Kesehatan Secara Online
yesdok.com
Yesdok.com 

SRIPOKU.COM - Empat dokter profesional menciptakan aplikasi telemedicine on-demand yang memungkinkan setiap pasien di Indonesia terhubung langsung dengan dokter umum berlisensi untuk melakukan konsultasi medis melalui telepon, SMS, atau panggilan video.

Berita Lainnya:  Berharap Layanan Kesehatan Pria Ini Rela Dorong Gerobak dari Madiun ke Surabaya

Aplikasi yang dinamakan YesDok ini diharapkan mampu menjawab Akses terhadap perawatan kesehatan dan saran medis yang sesuai masih menjadi masalah besar bagi banyak masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di daerah pedesaan.

Empat orang dalam tim profesional di bidang kesehatan; Irwan Hartanto (CEO), Harry Darmawijaya (CFO), Fariz Tadjoedin (CTO), dan Marshell T. Handoko (Kepala Dokter untuk YesDok Indonesia)

Menurut Konsil Kedokteran Indonesia, di Indonesia hanya terdapat satu dokter untuk setiap 1.368 pasien. Di samping itu, hampir 80% dokter Indonesia berada pada wilayah perkotaan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Aplikasi YesDok memasangkan pasien dengan dokter yang tepat setelah pasien menjawab beberapa pertanyaan terkait gejala dan kondisi medis yang dialami.

Apabila pasien memiliki pertanyaan medis, mereka akan terhubung langsung dengan seorang dokter umum yang akan memberi konsultasi dan menyarankan perawatan lebih lanjut. Jika perlu, para dokter juga merekomendasi obat yang bisa dibeli tanpa resep dari dokter, serta memberitahu pasien tentang petunjuk penggunaan dan dosis yang sesuai.

Berbeda dengan aplikasi telemedicine lainnya di dalam negeri, platform YesDok juga dirancang untuk mempermudah dokter dalam membagikan gambar dan instruksi selama konsultasi.

Saat menggunakan aplikasi, dokter yang menjadi mitra diharuskan untuk berinteraksi dengan pengguna melalui laptop atau desktop, dan tidak melalui ponsel mereka. Hal ini penting agar dokter dapat melakukan panggilan yang lebih stabil, serta lebih bebas untuk membagikan dokumen-dokumen yang penting. Di sisi lainnya, pengguna dibebaskan untuk menggunakan ponsel selama berkonsultasi.

YesDok juga memberikan pelatihan khusus dalam bidang komunikasi konsultasi kepada dokter yang menjadi mitranya untuk memastikan adanya interaksi yang mulus dan profesional antara dokter dan pasien.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help