Lihat Daftar UMP se-Indonesia, Sumsel Urutan Mana? Lihat UMP Jakarta Bakal Naik Hampir 4 Juta?

"Soal UMP Sumsel itu, belum saya teken, kita akan cek prosedurnya sudah sesuai belum," kata Alex Noerdin

Lihat Daftar UMP se-Indonesia, Sumsel Urutan Mana? Lihat UMP Jakarta Bakal Naik Hampir 4 Juta?
Istimewa
UMP 

SRIPOKU.COM-Dalam surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan, pemerintah meminta kepada seluruh Gubernur di Indonesia, untuk menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2017, paling lambat pada tanggal 1 November 2016. Berikut daftar UMP se Indonesia untuk tahun 2016 – 2017.

Sejumlah pemerintah daerah bereaksi, sebab kaum buruh sudah bergerak dan melakukan aksi demonya.

Anda bisa melihat daftar lengkap perbedaan UMP 2016 dan 2017 di 34 provinsi di daftar paling bawah naskah!!!

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih belum menentukan kenaikan upah minimum Provinsi (UMP). Besaran jumlah UMP tahun 2018 akan diputuskan hari ini. Berapakah besaran upah itu, dikabarkan mencapai Rp3,9 juta sebagaimana tuntutan kaum buruh.

Jika jumlah ini ditetapkan, maka nilai ini sudah cukup besar dibandingkan beberapa daerah lainnya termasuk Sumsel dan kota-kota besar di Indonesia. UMP dianggap layak sebesar ini bagi buruh di Jakarta,  mengingat biaya hidup memang besar.

Hasil gambar untuk UMP jakarta

"Memang Belum (hari ini), ditetapkan, besok. Kan tanggal 1 (November)," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, Priyono seperti dilansir dari tribunnews.com, Selasa (31/10/2017) kemarin.

Priyono menjelaskan masih ada perbedaan hitungan upah antara pengusaha dan buruh. Para buruh menuntut kenaikan UMP hingga Rp 3,9 juta yang dinilai layak dan mencukupi kebutuhan mereka.

"Iya mengacu pada 60 item kebutuhan hidup layak (KHL) ada beberapa hal yang perlu di survei, tiga hal di antaranya sewa rumah, listrik dan transportasi. Kita sabar besok bagaimana," jelas Priyono.

Seperti diketahui,  kaum buruh beraksi di depan gedung Balai Kota, mereka menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta tahun 2018.  Hal inilah yang memicu dan reaksi di seluruh daerah di Indonesia. Karena Jakarta memang barometernya.

Demo Kaum buru Selasa kemarin mendapatkan tanggapan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dia mengaku belum mendapatkan penjelasan soal survei serikat pekerja itu. Perbedaan survei itu kata Sandi harus dicermati.

Halaman
123
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved