Gempa Ambon, Warga Dihantui Tsunami Sehingga Tinggal Rumah dan Pilih Ketinggian

“Kita ikhtiar saja karena kalau sudah terjadi itu sudah terlambat. Warga disini juga banyak yang telah mengungsi,”

Gempa Ambon, Warga Dihantui Tsunami Sehingga Tinggal Rumah dan Pilih Ketinggian
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Keluarga Ema Sutiella salah seorang warga yang menjadi korban meninggal dunia akibat gempa di Ambon menunggu hjenazah korban di dikeluarkan dari rumah sakit Sumber Hidup Ambon, Selasa malam (31/10/2017) 

SRIPOKU.COM-Sejumlah warga di Kota Ambon memilih meninggalkan rumah-rumah mereka dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi setelah lima gempa dengan getaran yang sangat kuat mengguncang wilayah tersebut, Selasa (31/10/2017).

Warga memilih mengungsi ke tempat yang dianggap aman karena mereka khawatir akan terjadi tsunami setelah gempa tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami.

“Kita takut tsunami, karena ada informasi juga di Laha air sudah naik,” kata Syarif salah seorang warga di Ruko Batu Merah kepada Kompas.com yang saat itu memilih mengungsi bersama sejumlah keluarganya ke kawasan Kebun Cengkeh.

Setelah gempa, beredar kabar di masyarakat bahwa air laut di sejumlah pesisir pantai di Ambon seperti di kawasan Air Salobar hingga Laha telah naik.

Hal itu menyebabkan banyak warga panik dan memilh meninggalkan rumah-rumah mereka.

“Kita ikhtiar saja karena kalau sudah terjadi itu sudah terlambat. Warga disini juga banyak yang telah mengungsi,” kata Asrar warga Air Salobar melalui pesan WatsshApp.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com banyak warga yang rumah-rumah mereka berada dekat dengan pesisir pantai juga telah memilih meninggalkan rumah-rumah mereka untuk mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

Seperti warga di kawasan Poka, Rumah Tiga dan juga Laha.

Gempa beruntun yang mengguncang kota Ambon ini menyebabkan Bandara Pattimura, dua pusat perbelanjaan di Ambon serta sejumlah bangunan lainnya mengalami kerusakan.

Hingga kini belum ada laporan resmi soal korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: Khawatir Tsunami, Warga Ambon Mengungsi ke Tempat Tinggi

Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help