SriwijayaPost/

Daihatsu Mira, Mobil “Matik” Daihatsu Pertama di Dunia

Sudah eksis sejak 110 tahun yang lalu, Daihatsu punya sejarah panjang di Industri otomotif dan melahirkan banyak produk.

Daihatsu Mira, Mobil “Matik” Daihatsu Pertama di Dunia
Wikimedia Commons
Daihatsu Mira. 

SRIPOKU.COM, Osaka – Sudah eksis sejak 110 tahun yang lalu, Daihatsu punya sejarah panjang di Industri otomotif dan melahirkan banyak produk. Berkesempatan datang ke Daihatsu Humobility World Museum di Ikeda, Osaka, Jepang, salah satu model yang cukup menarik adalah Daihatsu Mira.

Berita Lainnya:  17 Persen Mobil Daihatsu Diekspor untuk Toyota

 Model yang lahir pada 1980-an ini merupakan mobil pertama Daihatsu yang mengadopsi transmisi otomatis. Namun jangan berharap banyak, saat itu matiknya hanya sekedar 2-percepatan saja, dengan pilihan 547 cc, 547 cc dam 617 cc.

“Perkenalkan, ini merupakan model kei car Daihatsu yang lahir pada 1980-an dan mengadopsi transmisi matik pertama,” ujar Amin Hanafiah staff Daihatsu Motor Company (DMC), Jumat (27/10/2017) saat mendampingi tour museum.

Transmisi otomotif di Daihatsu Mira.
Transmisi otomotif di Daihatsu Mira. (Ghulam/KompasOtomotif)

Seperti disebutkan Amin, Mira ternyata mengincar kaum hawa yang mulai terlibat aktif di tengah masyarakat. Daihatsu lantas menangkap peluang, dengan hadirkan kendaraan yang membantu mobilitas mereka para wanita.

“Perekonomian Jepang di era itu semakin membaik dan keterlibatan perempuan dalam lingkungan masyarakat makin meningkat. Pada masa itulah kemudian Daihatsu Mira dilahirkan,” ucap Amin.

Bukan hanya sekedar jadi pelopor, Daihatsu Mira ternyata direspon pasar Jepang cukup positif. Bagaimana tidak, pada masanya tersebut penjualannya meledak sampai satu juta unit.

“Sejak tahun peluncurannya tersebut pada 1980, hingga enam tahun sembilan bulan, Mira berhasil membukukan penjualan sampai 1 juta unit. Meski fokusnya lebih kepada wanita, Mira juga disukai oleh masyarakat umum,” ucap Amin.

Daihatsu Mira.
Daihatsu Mira. (Ghulam/KompasOtomotif)
 
// = 1500000) // 25 Menit .reload(true); else setTimeout(refresh, 10000); } setTimeout(refresh, 10000); // ]]>
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help