SriwijayaPost/

Saat Berlibur ke Kota Banyuwangi, Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini

Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ternyata menyajikan berbagai wisata yang memesona. Mulai dari Gunung Ijen sebagai

Saat Berlibur ke Kota Banyuwangi, Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini
http://travel.kompas.com/
Berbagai macam lauk pauk dalam satu porsi sego cawuk Banyuwangi, Minggu (10/4/2016). (KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI). 

SRIPOKU.COM, JAKARTA – Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ternyata menyajikan berbagai wisata yang memesona. Mulai dari Gunung Ijen sebagai salah satu ikon wisata di Banyuwangi yang  menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berita Lainnya:  Pecel "Pitik" Banyuwangi, dari Selamatan Desa Naik Kelas Restoran

Namun di balik keindahan alamnya, ternyata wisata kuliner di Banyuwangi  pun tak kalah menggiurkan. Banyuwangi yang identik dengan hidangannya yang pedas ternyata menyajikan wisata kuliner yang tentu dicari-cari oleh para wisatawan.

Oleh akrena itu, berikut KompasTravel himpun beberapa hidangan yang wajib Anda cicipi saat berlibur ke Kota Banyuwangi :

1. Rujak Soto

Mungkin hidangan yang satu ini berhasil membuat Anda terkecoh. Ini rujak atau soto? Namun semua terjawab saat Anda mencicipinya. Kuliner nyentrik asal Banyuwangi ini merupakan hidangan perpaduan antara rujak sayur dengan soto babat yang menghasilkan  cita rasa unik.

Rujak yang digunakan di hidangan ini adalah campuran sayur mayur dengan bumbu kacang serta petis. Untuk pedasnya, bisa disesuaikan dengan pesanan dari konsumen. Bumbu kacang dicampur dengan garam, kacang goreng, gula merah, asam dan juga pisang klutuk (pisang batu) muda.

Rujak soto.
Rujak soto. (AMIE ANDARI)

Setelah bumbu siap tinggal dicampur dengan campuran sayur yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, kubis dan juga potongan tahu dan tempe yang digoreng. Setelah selesai, rujak diwadahi mangkuk dan tinggal dituangi kuah soto babat sapi yang gurih.

Bagi Anda yang ingin mencicipi hidangan ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000.

2. Pecel Rawon

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help