SriwijayaPost/

Gubernur Minta BPOM Razia Jajanan Sekolah

Makanan dan jajanan yang di jual di sekolah-sekolah sering kali tidak sehat dan mengandung zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan.

Gubernur Minta BPOM Razia Jajanan Sekolah
Dok. Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, mengharapkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui Balai Besar POM Palembang, agar dapat meningkatkan pengawasan terhadap obat dan makanan dengan melakukan razia rutin khususnya, terhadap makanan dan jajanan yang di jual di lingkungan sekolah.

Menurut Alex, makanan dan jajanan yang di jual di sekolah-sekolah sering kali tidak sehat dan mengandung zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan para pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Hal tersebut menjadi salah satu tugas penting BPOM dengan melakukan razia terhadap para pedagang.

"Dari dulu selalu saya minta lakukan razia secara terus menerus, gak bisa hanya sesekali saja. Kalau mereka (pedagang) beralasan berjualan untuk kebutuhan hidup, tentu kesehatan pelajar jauh lebih penting karena merekalah generasi penerus kita nanti," tegas Alex.

bpom
(Dok. Humas Pemprov Sumsel)

===

Hal tersebut tegas disampaikan Alex Noerdin pada pertemuan dengan Sekretaris Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta, Dra. Reni Indriani, Apt, M.Si, beserta jajarannya di Griya Agung Palembang, Rabu (25/10/2017).

Lanjut Alex Noerdin, pemerintah provinsi Sumsel melalui Dinas Pendidikan telah mengambil langkah pengawasan terhadap makanan yang dijual di lingkungan sekolah dengan mewajibkan seluruh sekolah menyediakan kantin sehat yang bisa dikelola sendiri para guru maupun para orang tua murid.

"Kalau sudah ada kantin, harapan kita gak ada lagi makanan yang dijual di pinggiran pagar sekolah. BPOM ini memiliki fungsi yang sangat penting, seharusnya bisa memberikan hukuman yang berat kepada pedagang yang terkena razia, bukan hanya sebatas pembinaan saja," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPOM, Reni Indriani mengatakan, terkait pengawasan terhadap makanan yang dijual dilingkungan sekolah memang sudah menjadi salah satu perhatian serius BPOM.

bpom
(Dok. Humas Pemprov Sumsel)

===

Halaman
12
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help