SriwijayaPost/

12 Jam Alat Berat Berjibaku Mengevakuasi Material Longsor di Semende Darat Laut

Sekitar 12 jam, dua alat berat milik PU BM Sumsel berhasil mengosongan material longsor di Kecamatan SDL Muaraenim.

12 Jam Alat Berat  Berjibaku Mengevakuasi Material Longsor di Semende Darat Laut
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak petugas dibantu masyarakat setempat melakukan pembersihan material tanah yang melekat dibadan aspal supaya tidak licin, Rabu (11/10). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Sekitar 12 jam, dua alat berat milik PU BM Sumsel berhasil menembus jalan longsor yang menghubungkan Semende, Kabupaten Muaraenim dengan Kabupaten Lahat, di
di Desa Muara Danau, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muaraenim, Rabu (11/10/2017).

Dari informasi yang dihimpun Sriwijaya Post di lapangan, upaya evakuasi pembersihan material longsor yang menimpa badan jalan Propinsi tersebut dilakukan hampir selama 12 jam dengan menggunakan dua alat berat yang didatangkan dari Kabupaten Lahat dibantu beberapa mobil tangki.

Selain itu juga, aparat Polri, TNI, petugas Pemkab Muaraenim dan Sumsel serta masyarakat Semende ikut membantu pembersihan material longsor.

Menurut Kepala BNPBD Kabupaten Muaraenim, M Tasman untuk sementara ini jalur yang menghubungkan dua Kabupaten Muaraenim dan Kabupaten Lahat yang sempat terputus sudah bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk bisa menembus akses jalan tersebut, pemerintah Propinsi Sumsel melalu UPTD Dinas PU PR Kabupaten Muaraenim bekerja sama dengan BNPBD Kabupaten Muaraenim di bantu unsur Tripika Kecamatan SDL dan peran serta masyarakat terutama pemilik lahan yang terkena dampak longsoran dengan menggunakan dua alat berat akhirnya sekitar pukul 05.00 dini hari bisa tembus.

Dengan terbukanya akses jalan tersebut masyarakat yang ingin melintasi lokasi tersebut sudah bisa dilalui, namun dirinya menghimbau agar masyarakat harus tetap berhati-hati saat melintasi lokasi tersebut dikarenakan kondisi jalan masih sangat licin karena masih banyaknya sisa-sisa tanah yang menempel di badan aspal.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan SDL sekaligus PJS Kades Muara Danau M Rasidi, menyebutkan saat ini jalan tersebut sudah bisa dilewati.

Untuk itu ia mewakili pemerintah dan masyarakat khususnya di Kecamatan SDL banyak mengucapkan terima kasih kepada para petugas lapangan terutama kepada Kepala Dinas PU PR Propinsi dan Kepala BPBD Kabupaten Muaraenim serta Unsur Tripika yang telah berkerja keras dan upaya maksimal untuk menormalkan kembali akses jalan yang sempat terputus hampir dua hari.

"Kami sangat berterimakasih sekali, karena masyarakat sudah bisa beraktifitas kembali," ujarnya.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help