SriwijayaPost/

Jika Ketahuan Poligami, Pengurus Parpol Diminta Pilih Salah Satu

"Jika semua tahapan verifikasi telah dilakukan dan dinyatakan lengkap, Parpol tersebut akan ditetapkan menjadi peserta Pemilu," terang Nana

Jika Ketahuan Poligami, Pengurus Parpol Diminta Pilih Salah Satu
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN, HANDOUT
Ketua KPU Kabupaten Lahat, Syamsurizal Nusir melalui Staf Divisi Hukum, Nana Priana 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Mulai Oktober mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat akan melakukan verifikasi ulang terhadap partai politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, termasuk kepengurusan yang ada di tingkat daerah.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Lahat, Syamsurizal Nusir melalui Staf Divisi Hukum, Nana Priana.

Dijelaskan Nana, untuk lolos menjadi peserta Pemilu merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2012, Parpol harus memenuhi verifikasi administratif dan verifikasi faktual oleh KPU.

"Jika semua tahapan verifikasi telah dilakukan dan dinyatakan lengkap, Parpol tersebut akan ditetapkan menjadi peserta Pemilu," terang Nana, Kamis (28/9/2017).

Ditambahkan Nana, bagi Parpol yang ternyata pengurusnya memiliki kepengurusan ganda di dua Parpol atau lebih, maka pengurus yang bersangkutan akan dimintai klarifikasi faktual.

"Pengurus yang bersangkutan mesti pilih salah satu (Parpol, red). Tidak boleh kedua-duanya," jelas Nana.

Karenanya dalam proses verifikasi ini, selain mengajukan nama-nama kepengurusan, Parpol wajib melampirkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pengurusnya.

"Apabila ada kekeliruan, maka Parpol bersangkutan akan diberi tenggat sekitar satu bulan hingga 17 November, sebelum penetapan oleh KPU pusat," ujarnya.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help