SriwijayaPost/

Mahasiswa Fakultas Hukum Antusias Ikuti Mooting Class

Kegiatan ini melibatkan beberapa universitas yang memiliki fakultas hukum di Palembang.

Mahasiswa Fakultas Hukum Antusias Ikuti Mooting Class
SRIPOKU.COM/PANJI MAULANA
Suasana pelaksanaan mooting class di PN Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Asian Law Student Association (ALSA) Local Chapter Universitas Sriwijaya (LC UNSRI) mengadakan kegiatan mooting class yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Kota Palembang, Minggu (17/9/2017).

Mooting Class adalah Simulasi Peradilan Semu yang dilakukan untuk mempraktekkan bagaimana cara melakukan sidang peradilan.

Kegiatan ini melibatkan beberapa universitas yang memiliki fakultas hukum di Palembang.

Antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini dimana mereka secara bergantian bertanya kepada Narasumber.

Kegiatan tahunan yang dieksekusi oleh ALSA LC UNSRI ini bertemakan "prepare yourself to be a fair and honest law enforcer". Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan praktik secara langsung bagaimana proses peradilan sebenarnya.

Ada tiga agenda acara yang dilaksanakan pada hari ini. Dimulai dengan seminar yang diisi oleh tiga pemateri yaitu Dr. H. Zulfahmi S.H., M.Hum selaku Hakim Pengadilan Tinggi, Dr. Adi Purnama S.H., M.H. sebagai perwakilan Kejaksaan Tinggi dan Titis Rachmawati S.H.,M.H sebagai Ketua Dewan pimpinan wilayah asosiasi Auditori Hukum Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.

Kemudian dilanjutkan dengan simulasi peradilan yang dicontohkan oleh pihak ALSA LC Unsri.

Pada saat dimulainya simulasi, antusiasme peserta semakin meningkat dimana mereka akan ditantang untuk memerankan pihak-pihak yang terlibat di dalam peradilan seperti jaksa, hakim dan terdakwa.

Berpakaian ala hakim dan suasana peradilan semu yang sangat serius dirasakan oleh peserta yang dibagi kedalam beberapa kelompok ini.

Seperti yang dirasakan oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Sriwijaya, Nuzul Qurnia ini. Ia merasa sangat tertarik mengikuti kegiatan ini.

"Pengen belajar bagaimana sistem peradilan itu, kayaknya seru dan menantang," ujar Nuzul.

Penulis: Panji Maulana
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help