SriwijayaPost/

Update SFC

Pelatih Sriwijaya FC Sebut Pemain Belakang Lengah Biarkan Hansamu Tidak Terkawal

“Lawan bermain lebih baik dan efektif, mereka juga mampu memanfaatkan 2 kelengahan dan mencetak gol.

Pelatih Sriwijaya FC Sebut Pemain Belakang Lengah Biarkan Hansamu Tidak Terkawal
SRIPOKU.COM/HENDRA KUSUMA
Hartono Ruslan dan Yanto Basna 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Sriwijaya FC belum mampu keluar dari keterpurukan setelah kembali dipaksa menyerah dari tuan rumah Barito Putera dengan skor 0-2, Minggu (10/9) sore di stadion 17 Mei Banjarmasin.

Dengan hasil ini laskar wong kito masih terus tertahan di peringkat 12 klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017 dengan poin 28, sementara laskar Antasari naik 1 peringkat ke posisi 8 dengan poin 34.

Pelatih SFC, Hartono Ruslan menyebut anak asuhnya sudah berusaha maksimal di laga ini. “Mereka sudah berjuang dan di babak kedua sudah memperbaiki kesalahan di 45 menit pertama. Gol lawan juga terjadi dari kelengahan lini pertahanan kami sendiri,” ungkapnya usai pertandingan.

Dirinya juga enggan mencari alasan terkait cuaca ataupun hal lainnya di laga ini. “Lawan bermain lebih baik dan efektif, mereka juga mampu memanfaatkan 2 kelengahan dan mencetak gol. Soal kabut atau lainnya, cuaca di Palembang juga sama saja,” jelasnya.

Menurutnya, pihak sudah melupakan hasil buruk di laga sebelumnya dan mencoba bangkit di laga ini. “Tapi ada momen dimana pemain lawan tidak terkawal karena tidak disiplinnya pemain kami sendiri. Di babak kedua, kami coba perbaiki hal ini dan mampu keluar dari tekanan. Tetapi tentu hal seperti ini jangan terus terulang,” ujarnya.
Absennya Yanto Basna diakuinya menjadi salah satu alasan pihaknya terus mencoba komposisi terbaik di lini belakang.

“Hampir di setiap pertandingan, selalu ada pemain belakang yang absen, entah karena akumulasi kartu atau cedera, seperti Yanto Basna kali ini. Dan ini membuat pelatih kesulitan menentukan komposisi utama,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Barito Putera Jacksen F Thiago mengaku sangat gembira bisa meraih poin di laga ini.

“Kami bersyukur memenangkan laga penting ini sehingga bisa memperbaiki posisi di klasemen sementara. Di babak pertama seluruh pemain Barito mampu menekan lawan dan itu sesuai dengan strategi yang kami persiapkan sebelumnya, saya berharap tren ini terus berlanjut di 11 pertandingan kedepan,” harapnya.

Diakuinya, di laga ini dirinya memang cukup leluasa menentukan susunan starting eleven dan semua pemain yang diturunkan bisa memenuhi harapannya.

“Jelas dengan kembali pemain dari timnas sangat membantu. Pemain yang baru direkrut juga memberikan andil positif, sekarang justru saya yang pusing dalam menentukan komposisi pemain, semua pelatih sepakbola pasti ingin situasi seperti ini,”tegasnya.

Di awal babak pertama, tuan rumah langsung tampil menyerang dan menggempur lini pertahanan SFC dengan dimotori kapten timnya Rizky Pora. Namun barulah pada menit 17 skuad Antasari berhasil menjebol gawang SFC yang dikawal oleh Sandy Firmansyah dan merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.
Gol ini sendiri dicetak oleh Hansamu Yama memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Rizky Pora. Laskar wong kito sendiri sempat mendapat peluang emas melalui Alberto Goncalves di menit 26, namun sayang tendangannya masih melambung ke atas mistar gawang Barito.

Anak asuh Jacksen F Thiago bahkan berhasil memperlebar kedudukan setelah Douglas Parker mampu merobek gawang SFC di menit 45 sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk tuan rumah.
Di babak kedua, SFC mencoba bangkit dan merubah taktik dengan tampil lebih agresif.

Namun di menit 57, penjaga gawang SFC Sandy Firmansyah harus ditarik keluar dan digantikan oleh Teja Paku Alam usai ditabrak dengan keras oleh bek Barito, Dandi Maulana. Setelah itu, pelatih SFC Hartono Ruslan juga kembali melakukan 2 pergantian dengan memainkan Yohanis Nabar serta Rachmad Hidayat dan menarik Hilton Moreira serta Manda Cingi.

Di babak kedua ini, tuan rumah sempat mencetak 2 gol tambahan namun dianulir Rully Ruslin (Malang) karena menganggap pemain Barito Putera sudah dalam posisi offside. Hingga peluit akhir dibunyikan, tidak ada gol tambahan yang tercipta dan laga tetap berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help