SriwijayaPost/

Berburu Emas di Talang Petai

Ditemukan Peninggalan Sejarah Diduga dari Kerajaan Sriwijaya di Cengal OKI, Ini Kata Arkeolog

Untuk menentukan adanya peninggalan Kerajaan Sriwijaya, memang harus dikuatkan adanya temuan prasasti sebagai bukti.

Ditemukan Peninggalan Sejarah Diduga dari Kerajaan Sriwijaya di Cengal OKI, Ini Kata Arkeolog
Dok. Humas OKI
Cincin emas bermotif bunga ditemukan warga di Situs Talang Petai Simpang Tiga Kecamatan Cengal OKI. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Terkait hebohnya penemuan harta karun di kawasan Talang Petai Kecamatan Cengal Kabupaten OKI, belum bisa dipastikan keasliannya yang diduga bagian dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Bahkan tim arkeolog dari Balai Arkeolog Jambi kini masih melakukan penelitian lebih lanjut di lokasi penemuan. Terlebih lagi yang membuat heboh adanya gundukan emas di sekitaran lokasi penemuan.

"Belum bisa dikomentari secara resmi, karena apa yang ditemukan masih itu didata dan belum ada laporan resminya," ujar Nurhadi Rangkuti, arkeolog spesialis wilayah lahan basah, yang kini menjabat sebagai Kepala Balai Arkeologi Jogjakarta, Kamis (7/9).

Nurhadi yang sebelumnya Kepala Balai Arkeologi Palembang mengatakan, wilayah kawasan Cengal memang termasuk wilayah lahan basah, sehingga dalam penggalian butuh waktu yang tak singkat.

Sehingga tim memang harus melakukan enelitian secara maksimal.

"Saya sendiri belum secara langsung melihat apa yang ditemukan itu. Apalagi yang infonya ada temuan keong emas dan saya sendiri belum melihat dan memegangnya.Jadi belum bisa dipastikan apakah memang benar bagian peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya," ujarnya.

Nurhadi mengatakan, sebelumnya pada tahun 2015 lalu sudah dilakukan penggalian pasca adanya kebakaran lahan.

Untuk menentukan adanya peninggalan Kerajaan Sriwijaya, memang harus dikuatkan adanya temuan prasasti sebagai bukti adanya peninggalan pada masa Kerajaan Sriwijaya.

"Setiap penggalian saya memang terlibat, termasuk di kawasan OKI yang mayoritasnya wilayahnya lahan basah. Jadi sementara ini kita masih menunggu hasil penelitian dari tim arkelog Jambi yang sudah di lokasi," ujarnya.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help