SriwijayaPost/
Home »

Bisnis

» Makro

Korut Berulah, Kurs Euro Naik ke Level Tertinggi dalam 1,5 Tahun

Nilai tukar euro menyentuh level tertinggi dalam 18 bulan terhadap dollar AS, yakni 1,20 dollar AS. Ini adalah penguatan pertama tertinggi bagi euro s

Korut Berulah, Kurs Euro Naik ke Level Tertinggi dalam 1,5 Tahun
BBC
Ilustrasi mata uang euro 

SRIPOKU.COM , LONDON - Nilai tukar euro menyentuh level tertinggi dalam 18 bulan terhadap dollar AS, yakni 1,20 dollar AS. Ini adalah penguatan pertama tertinggi bagi euro sejak Januari 2015 lalu, sejalan dengan menurunnya prospek peningkatan suku bunga AS.

Berita Lainnya:
Rudal Korea Utara Melintasi Jepang, Tempuh Jarak 1700 Mil, Ini Perintah Jepang untuk Rakyatnya

Mengutip BBC, Rabu (30/8/2017), para analis mengasumsikan bahwa dampak topan Harvey akan membuat bank sentral AS Federal Reserve tidak mau menciptakan risiko terhadap pertumbuhan ekonomi AS.

Selain itu, kekhawatiran mengenai ketegangan Korea Utara juga mengganggu investor. Kenaikan suku bunga AS cenderung membuat investor menarik diri dari pasar uang untuk mengambil untung.

Namun demikian, euro sendiri terpantau menguat terhadap beberapa mata uang. Terhadap dollar AS saja, nilai tukar euro sudah menguat hampir 15 persen sepanjang tahun 2017 ini.

Secara umum, nilai tukar euro sudah menguat dalam beberapa bulan terakhir, sejalan dengan perbaikan ekonomi kawasan Eropa.

Selain itu, pasar juga memprediksi bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan mulai menahan program pencetakan uang guna memperbaiki kondisi pasca krisis kawasan Eropa dan tergangunya kredit pada akhir tahun 2000.

Pada akhir pekan lalu, nilai tukar dollar AS juga melemah sejalan dengan pertemuan bank sentral AS di resor Jackson Hole di negara bagian Wyoming.

Dalam pertemuan itu, pimpinan The Fed Janet Yellen pada pidatonya tidak memberikan gambaran mengenai rencana perubahan kebijakan yang dapat mendorong penguatan dollar AS.

Gubernur ECB Mario Draghi juga tidak memberikan gambaran terkait kebijakan nilai tukar euro. Penguatan euro sendiri juga membuat nilai tukar poundsterling menyentuh titik terendah dalam hampir setahun.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Korea Utara Berulah, Kurs Euro Naik ke Level Tertinggi dalam 1,5 Tahun

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help