SriwijayaPost/

Kisah Bukit Bedil Puncak Tertinggi Oku Timur, Tugu Belanda hingga Misteri Suara Seram Tak Terungkap

Bukit Bedil. Nama belakang bukit tersebut tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat karena merupakan sebuah senjata yang digunakan baik untuk

Kisah Bukit Bedil Puncak Tertinggi Oku Timur, Tugu Belanda hingga Misteri Suara Seram Tak Terungkap
SRiPOKU.COM/EVAN HENDRA
Kisah Bukit Bedil di Oku Timur 

SRIPOKU.COM, MARTAPURA – Setiap daerah memiliki sejarah dan cerita rakyat baik dengan bukti maupun hanya dengan cerita turun temurun.

Tak terkecuali di wilayah Kabupaten OKU Timur tepatnya di Desa Waysalak, Kecamatan Jayapura, Kabupaten OKU Timur. 

Didesa tersebut berdiri dengan kokoh sebuah bukit yang memiliki sejarah dan cerita tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Bukit Bedil. Nama belakang bukit tersebut tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat karena merupakan sebuah senjata yang digunakan baik untuk berperang maupun untuk mengusir hama tanaman dan binatang buas yang kerap menganggu tanaman masyarakat.

Kisah Bukit Bedil di Oku Timur
Kisah Bukit Bedil di Oku Timur (SRiPOKU.COM/EVAN HENDRA)

Namun nama bedil yang disematkan pada bukit tersebut bukan hanya karena sekilas mirip atau berbentuk bedil, namun menurut cerita masyarakat sekitar dipuncak bukit tersebut setiap beberapa minggu sekali selalu terdengar sebuah ledakan seperti ledakan bedil yang menggema dan terdengar dengan jelas.

Meski tidak ada yang melihat dan menyaksikan secara langsung dari dekat asal suara tersebut.

Namun masyarakat meyakini bahwa suara tersebut berasal dari puncak bukit bedil yang terdengar setiap waktu tertentu yang tidak diketahui secara pasti apakah siang, pagi, sore atau malam suara mirip tembakan bedil tersebut terdengar.

Menurut tokoh masyarakat desa Waysalak Akrom Kohar, suara bedil yang kerap terdengar dari puncak bukit tersebut sudah ada sejak dirinya masih kecil dan menurut cerita orangtuanya suara tersebut sudah ada sejak puluhan tahun sebelumnya dan tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi di puncak bukit tersebut.

Namun menurut mitos masyarakat sekitar, bukit bedil merupakan salah satu lokasi pertahanan masyarakat saat terjadi peperangan dengan penjajah ratusan tahun lalu.

Mereka meyakini bahwa suara tembakan bedil tersebut merupakan suara peperangan pertahanan masyarakat ketika melawan penjajah dahulu.

Bukit bedil di Oku timur
Bukit bedil di Oku timur (SRiPOKU.COM/EVAN HENDRA)
Halaman
1234
Penulis: Evan Hendra
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help