SriwijayaPost/

Putuskan Siklus Penyebaran Hama Wereng, Petani Tanam Jagung Hibrida

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan pergantian masa tanam antara padi dengan jagung hibrida atau palawija.

Putuskan Siklus Penyebaran Hama Wereng, Petani Tanam Jagung Hibrida
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Bupati OKU Timur HM Kholid MD disampingi Kepala Dinas Pertanian saat melakukan simulasi pemusnahan hama wereng 

SRIPOKU.COM, MARTAPURA- Meski belum menyebabkan kerugian yang cukup besar terhadap petani, namun siklus pola tanam yang mencapai hingga tiga kali setiap tahunnya membuka peluang besar bagi hama wereng.

Untuk mengantisipasi ganasnya serangan hama wereng tersebut, pemerintah OKU Timur menerapkan program yang dapat memutus siklus pertumbuhan hama wereng yang dapat merugikan serta mengurangi hasil pertanian.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan pergantian masa tanam antara padi dengan jagung hibrida atau palawija.

"Apa yang kita lakukan hari ini adalah memutus siklus hama wereng dengan mengganti tanaman dari padi ke jagung atau palawija. Selain itu, untuk memutus siklus hama wereng, jenis bibit dan tanaman juga harus diganti sehingga hama wereng tidak berkembang dengan cepat," katanya disela penanaman jagung hibrida sebagai upaya tanaman padi untuk memutus siklus hama wereng di Desa Sidorahayu, Kecamatan Belitang Kamis (3/7/2017).

Dengan adanya penanaman jagung hibrida di lahan persawahan kata dia, maka dapat mereduksi sekaligus mencegah munculnya hama serupa saat melakukan penanaman padi pada masa tanam selanjutnya.

Program yang dilaksanakan dinas pertanian tersebut diharapkan dapat memutus siklus hidup hama wereng serta perbaikan struktur tanam yang selama ini selalu dilakukan penanaman padi secara terus menerus oleh petani.

"Serangan hama wereng bisa dikatakan tidak terbendung karena hampir seluruh lahan sawah terserang. Meskipun tidak menyebabkan kegagalan panen, namun serangan hama tetap menjadi sesuatu yang menakutkan bagi petani. Kepada para petani agar selalu mengikuti instruksi yang disampaikan oleh dinas pertanian sehingga penyakit apapun dan jenis hama apapun yang muncul bisa ditanggulangi," katanya.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help