ADD Lahat Bangun Jalan dan Kolam Peternakan Lobster

Ditiga desa ini, ADD dibangunkan jalan pertanian, jalan desa dan pembangunan kolam peternakan.

ADD Lahat Bangun Jalan dan Kolam Peternakan Lobster
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Plt Sekda Lahat, H Haryanto SE MM MBA meletakkan batu pertama pembangunan kolam peternakan di desa Keban Agung, Mulak Ulu. 

SRIPOKU.COM, LAHAT- Meski harus berjalan berkilo kilo tidak menyurutkan jajaran Pemkab yang dipimpin langsung Plt Sekda Lahat, H Haryanto, SE MM MBA untuk memantau realisasi alokasi dana desa (ADD) di tiga desa yakni Desa Keban Agung, Desa Talang Berangin dan Desa Jadian Lama, Kecamatan Mulak Ulu, Lahat.

Ditiga desa ini, ADD dibangunkan jalan pertanian, jalan desa dan pembangunan kolam peternakan.

"Ya hari ini kita turun langsung ke lokasi realisasi ADD di tiga desa. Kita ingin ADD yang mereka dapat benar benar bermanfaat bagi desa tersebut,"ungkap Haryanto, didampingi jajaran SKPD dan perangkat desa, Senin (31/7).

Disisi lain dalam hal realisasi ADD selain infrastruktur Pemkab sendiri mendorong warga desa untuk mengalokasikan ADD pada pada sektor pembangunan usaha kreatif mandiri desa.

Pasalnya, pembangunan tersebut diharapkan akan mampu membantu warga khususnya untuk meningkatkan pendapatan desa.

"Selain infrastruktur seperti jalan jembatan dan irigasi kita arahkan warga agar membangun usaha kreatif seperti di desa Keban Agung ini, Pembangunan kolam untuk ternak ikan, lobster dan lainya,"ungkap Haryanto, usai meletakkan batu pertama pembangunan.

Jika dikelola dengan baik kolam yang dibangun tersebut bisa menghasilkan. Hasil penjualan tersebut bisa untuk meningkatkan pendapatan warga dan desa.

"Kita akan terus dorong agar warga desa di kabupaten Lahat, mampu membangun peluang usaha di desa masing,"harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Haryanto mengingatkan seluruh perangkat desa untuk tidak 'main-main'dengan dana desa.

Selain akan merugikan warga desa, realisasi dana desa sendiri akan dipantau secara ketat.

"Di desa Jadian Baru dan Talang Berangin kita lihat dibangun untuk jalan usaha tani. Kita berharap jalan tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab dengan jalan tersebut petani tidak sulit lagi mengangkut hasil pertanianya,"ujarnya.

Sementara itu, Idi (52) warga Desa Talang Berangin, sangat bersyujur adanya ADD dan perhatian yang diberikan Pemkab Lahat.

"Bersyukur kini warga tidak kesulitan lagi saat akan menuju sawah dan kebun karena jalan sudah dibangun,"ujarnya.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved