SriwijayaPost/

Pertamina Kembali Gelar Periksa Gigi Gratis, Program Clino Gigi untuk 400 Anak di Banyuasin

Clino Gigi hadir sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan kesadaran serta menangani penyakit gigi dan mulut pada anak.

Pertamina Kembali Gelar Periksa Gigi Gratis, Program Clino Gigi untuk 400 Anak di Banyuasin
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
General Manager RU III, Djoko Priyono (wearpack Pertamina) meninjau pelaksana Program Clino Gigi di SD Negeri 25 Banyuasin I, Senin (31/7/2017). 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, BANYUASIN - Refinery Unit III bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamina Plaju kembali melaksanakan Program Clino Gigi setelah pada tahun lalu Program Clino Gigi juga hadir untuk 1200 anak dari 6 Sekolah Dasar di Plaju.

Pada tahun ini, Clino Gigi hadir melalui pemeriksaan gigi gratis bagi 434 siswa dari 4 Sekolah Dasar di Ring I Pertamina RU III yakni SD Negeri 25, SD Negeri 12, SD Negeri 13, dan SD Negeri 17 Kecamatan Banyuasin I.

General Manager RU III, Djoko Priyono yang membuka secara resmi Program Clino Gigi di SD Negeri 25 Banyuasin I, Senin (31/7/2017) menjelaskan bahwa program Clino Gigi dilaksanakan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, sehingga masih tingginya tingkat gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti infeksi struktur gigi atau karies.

Di Indonesia sendiri, menurut survei yang dilakukan Badan Kesehatan Gigi Nasional pada tahun 2015, 74% anak umur 6 tahun dan 59% anak umur 12 tahun masih berpotensi terkena karies gigi.

Faktor penyebabnya beragam, namun yang utama adalah kondisi ekonomi yang memicu konsumsi makanan yang merusak gigi dan masih kurangnya kesadaran untuk menyikat gigi, hanya 82% anak Indonesia di umur 12 tahun yang membersihkan giginya sebanyak dua kali sehari.

Program Clino Gigi adalah perwujudan komitmen Pertamina dalam mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan gigi anak-anak di wilayah sekitar operasi perusahaan.

"Clino Gigi hadir sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan kesadaran serta menangani penyakit gigi dan mulut pada anak. Gigi dan mulut adalah salah satu organ vital yang patut dijaga kesehatannya," jelas Djoko.

Clino Gigi diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar agar mendapat pemahaman akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Dalam Program Clino Gigi, para siswa mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut, melakukan kegiatan sikat gigi bersama serta pemeriksaan kesehatan gigi secara intensif.

Pada hari ini Program Clino Gigi fokus kepada pelaksanaan pengobatan lebih lanjut semisal diperlukannya tindakan seperti penambalan, pencabutan gigi, dan sebagainya setelah pada tanggal 25-28 Juli kemarin telah dilakukan pemeriksaan kepada anak-anak tersebut.

Djoko berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran anak dan orang tua untuk merawat gigi mereka agar tetap sehat dari umur sedini mungkin.

"Fisik yang sehat dapat meningkatkan produktivitas anak di masa mendatang, bahkan sekecil kesehatan gigi dan mulut. Mudah-mudahan langkah kecil kita pada hari ini dapat mempersiapkan anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa di masa depan," tambah Djoko.

Sementara itu, Direktur RS Pertamina Plaju, Dr Nanang Sugiarto menjelaskan bahwa selain program Clino Gigi, pada tahun 2017 ini terdapat beberapa program CSR di bidang kesehatan.

"Dalam bidang kesehatan kami memang memiliki beberapa program, selain Clino Gigi, kami sudah mengadakan khitanan gratis, dan pada akhir tahun akan ada operasi Hernia, bibir sumbing, dan katarak," ujarnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help