SriwijayaPost/

Wow! Empatlawang Punya 36 Penderita ODGJ Dalam Kondisi Dipasung

Kabid kesehatan masyarakat pada Dinkes Empatlawang Junaidi dikonfirmasi mengatakan, Empatlawang justru sudah terbebas dari pasung.

Wow! Empatlawang Punya 36 Penderita ODGJ Dalam Kondisi Dipasung
http://style.tribunnews.com/
Ilustrasi dipasung 

SRIPOKU.COM, EMPATLAWANG - Sebanyak 36 orang di kabupaten Empatlawang penderita Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) atau gila masih terpasung.

Jumlah ini berdasarkan data dari Dinas Sosial Empatlawang bulan lalu.

Kepala Dinas Sosial Empatlawang, Hasbullah melalui Kabid Rehabilitasi sosial, Elvansyah Muda, mengatakan jumlah 36 kasus pasung ini terdapat di sembilan kecamatan dari sepuluh kecamatan di wilayah Empatlawang dengan rincian Kecamatan Tebingtinggi sudah bebas pasung, Kecamatan Lintangkanan terdapat 7 orang dipasung, Muarapinang 6 orang, Pendopo 4 orang, Pendopobarat 3 orang, Ulumusi 5 orang, Saling 2 orang, Sikapdalam 4 orang, Paiker 1 orang dan Talangpadang 4 orang.

Menurut Elvansyah pihaknya menyampaikan surat ke kementerian sosial untuk meminta Tim Reaksi Cepat (TRC) mengenai penanganan kasus pasung di Empatlawang.

"Persoalan pasung ini sudah lama, penyebab banyaknya jumlah pasung ini tidak semata menyalahkan keluarga mereka bisa saja karena faktor ekonomi," ungkapnya.

Saat ini Kabupaten Empatlawang belum memiliki rumah singgah untuk itu. Lanjutnya beberapa kasus pasung ini sudah ditangani pihak dinas Kesehatan Empatlawang.

" informasi yang kami tahu beberapa dari mereka ini dipasung keluarganya karena kambuhan pihak keluarga khawatir menggangu oranglain," ungkapnya.

Dari jumlah ini Elvan mengklaim sudah terdata semuanya di Dinsos Empatlawang. Pendataan dilakukan melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK).

Sedangkan Kabid kesehatan masyarakat pada Dinkes Empatlawang Junaidi dikonfirmasi mengatakan, Empatlawang justru sudah terbebas dari pasung.

"kalau data kami daerah kita ini sudah bebas dari pasung, kita sudah pencanangannya bebas pasung. mungkin pasung data Dinsos itu ODGJ yang datangan," kata Junaidi.

Penulis: Awijaya
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help