SriwijayaPost/

Sudah Saatnya Ritel Tradisional dan Modren Tumbuh Berdampingan

Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Sudah Saatnya Ritel Tradisional dan Modren Tumbuh Berdampingan
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Puluhan UMKM yang mengikuti pelatihan manajemen ritel oleh Alfamart, Kamis (27/7/2017) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Alfamart menggelar pelatihan manajemen ritel modern bersama pedagang tradisional yang berada di sekitar gerai Alfamart. Pelatihan ini digelar di Rumah Albi Alfamart Kebun Bunga 2, Kamis (27/07/2017).

Kepala Cabang Alfamart Palembang Nur Fuad mengatakan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini digelar secara rutin setiap tahun dan di setiap kota yang memiliki jaringan toko Alfamart.

“Tujuannya, mengajak para UMKM khususnya yang juga memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan. Keduanya harus bersinergi,” katanya

Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk. Pertama, memberi pelatihan manajemen ritel. Kedua, menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA. Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih.

Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pedagang kecil. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing,” tambahnya.

Sama halnya pedagang tradisional, menerapkan manajemen yang seadanya. Terutama soal cash flow yang cenderung kurang cermat.

“Padahal ini paling penting, pasalnya pengelolaan keuangan yang sehat adalah kunci bagaimana ritel tersebut bisa berkembang dengan sehat,” pungkasnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help