Inspirasi

5 Pilihan, Cara Bayar Kartu Kredit Paling Hemat

Membayar tagihan kartu kredit adalah hal penting yang harus dipahami oleh setiap pemegang kartu kredit. Pasalnya, bila Anda sampai salah memahami serb

5 Pilihan, Cara Bayar Kartu Kredit Paling Hemat
IST
Ilustrasi

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Membayar tagihan kartu kredit adalah hal penting yang harus dipahami oleh setiap pemegang kartu kredit. Pasalnya, bila Anda sampai salah memahami serba serbi terkait pembayaran tagihan kartu utang ini, Anda bisa terjebak masalah pelik.

Berita Lainnya:
Semua Produk Diskon 15 Persen dengan Kartu Kredit Hypermart Mandiri

Maklum, biaya transaksi memakai kartu kredit termasuk mahal mulai dari bunga sampai biaya-biaya lain.

Seperti yang Anda tahu, bila pembayaran tagihan kartu kredit sampai terlambat atau melewati tanggal jatuh tempo, Anda bisa terkena biaya keterlambatan di luar bunga (late charge) yang juga tidak murah.

Rata-rata penerbit kartu kredit membebankan biaya keterlambatan pembayaran sebesar 3 persen dari nilai tagihan.

Saat ini pilihan cara bayar tagihan kartu kredit semakin banyak. Pilihlah yang cara bayar kartu kredit yang paling hemat! Berikut ini 4 pilihan cara bayar kartu kredit yang bisa Anda timbang:

1. Debit otomatis
Ini adalah cara bayar tagihan kartu kredit paling praktis. Risiko keterlambatan pembayaran kartu kredit terbilang kecil. Hampir semua kartu kredit menyediakan opsi bayar otomatis ini. Caranya, Anda tinggal mengatur tanggal pembayaran otomatis sebelum tanggal jatuh tempo.

Sebagai contoh, tanggal 26 tagihan dicetak sedang tanggal jatuh tempo sekitar tanggal 15. Adapun gaji Anda baru masuk tanggal 30. Anda bisa mengaktifkan bayar otomatis tagihan setiap tanggal 1.

Supaya hemat, pastikan Anda memiliki rekening di bank yang sama dengan bank penerbit kartu kredit sehingga Anda tidak terkena biaya transfer dana. Anda juga harus memastikan dana di rekening mencukupi untuk membayar tagihan. Bila jumlahnya tidak mencukupi dan debit otomatis gagal, penerbit kartu kredit juga mengenakan biaya.

2. Internet banking/Mobile banking
Cara bayar ini juga praktis dan murah. Anda cukup mengaktifkan internet banking atau mobile banking dan melakukan transaksi pembayaran kartu kredit via internet atau mobile banking. Bila rekening bank Anda dan penerbit kartu kredit sama, Anda tidak akan terkena biaya transfer. Sebaliknya bila berbeda, biaya transfer akan dibebankan sekitar Rp 5.000-Rp 7.500.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved