SriwijayaPost/

Lebih Jauh Mengenal Turis Mancanegara yang Datang ke Indonesia

Adanya target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 membuat berbagai sektor bekerja sama untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan luar ne

Lebih Jauh Mengenal Turis Mancanegara yang Datang ke Indonesia
Traveling - Bisnis.com
Ilustrasi - Turis Mancanegara. 

SRIPOKU.COMJAKARTA - Adanya target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 membuat berbagai sektor bekerja sama untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan luar negeri ke Indonesia ( inbound).

Berita Lainnya:
Tahun Baru Imlek, Bali Jadi Tujuan Berlibur Turis China

Salah satu pelaku industri pariwisata, biro perjalanan wisata Dwidayatour mengungkapkan adanya kenaikan jumlah konsumen inbound yang cukup signifikan, mencapai 40 persen. Naik dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini konsumen kita 60 persen outbound dan 40 persen inbound. Turis inbound paling banyak dari China, meningkat hampir 50 persen dari tahun kemarin. Favoritnya masih ke Bali, Jakarta, Manado, dan Belitung," jelas Vice President Commercial Dwidayatour, Hendriyapto saat ditemui di acara jumpa pers 50 Tahun Dwidayatour di SCBD, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Selain China, Marketing Communication Manager Dwidayatour, Yanty Wijaya mengungkapkan wisatawan inbound lain yang cukup banyak adalah Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Uniknya masing-masing wisatawan dari negara berbeda memiliki karakeristik yang berbeda. Menurut Yanty wisatawan China lebih suka wisata overland dari Sumatera sampai Bali. Dengan tempo waktu satu minggu sampai sepuluh hari.

Sedangkan wisatawan dari Asia Tenggara umumnya tak suka berpindah dan memiliki tujuan utama, contohnya disebutkan Yanty, belanja di Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan Bali masih menjadi destinasi wisata unggulan untuk wisman, kemudian Yogyakarta, Belitung, Manado (Sulawesi Utara), Medan (Sumatera Utara), dan Sumatera Barat.

Untuk mendukung lebih banyak wisman, Hendriyapto mengatakan akomodasi dinilai sudah baik.

"Kami melihat sekarang ada peningkatan, seperti Manado sudah ada penerbangan langsung makanya komposisi (inbound) jadi 40 persen. Paling penting bagi kita flight-nya," kata Hendriyapto.

Penulis: Silvita Agmasari

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
Mengenal Lebih Jauh Turis Mancanegara yang Datang ke Indonesia

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help