SriwijayaPost/

Saingi Selamet-Rohaya. Mui Sebut Pernikahan Remaja 14 Tahun Awal-Awalia Ilegal Karena Ini

Namun tak hanya dua unsur itu yang saling mengait dan biasanya dianut oleh warga Bulukumba. Tapi juga biasanya memberlakukan hukum adat. "Keputusan a

Saingi Selamet-Rohaya. Mui Sebut Pernikahan Remaja 14 Tahun Awal-Awalia Ilegal Karena Ini
FACEBOOK.COM/EVHY VHYIIOO
Awal Rahman dan Awalia Mar’a 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

SRIPOKU.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bulukumba, Cjamiruddin ikut mengatakan pernikahan dini yang melibatkan Awal Nurahman dan Awalia Ma'ra beberapa hari lalu ilegal jika mengacu pada undang-undang pernikahan.

"Pernikahan itu tidak sah, kalau kita merujuk UU Pernikahan karena harus cukup umur dan jika tidak cukup umur maka harus disidangkan di Pengadilan Agama (PA)," kata Cjamiruddin, Minggu (16/7/2017).

Tetapi kata mantan Kepala Kementerian Agama Bulukumba ini, jika merujuk pada Agama Islam maka pernikahan itu sah jika kedua belah pihak orang tua dan ada wali masing-masing dinilai sudah sah sekalipun masih dibawah umur.

Namun tak hanya dua unsur itu yang saling mengait dan biasanya dianut oleh warga Bulukumba. Tapi juga biasanya memberlakukan hukum adat.

"Keputusan adat, keputusan itu biasanya berlaku untuk hal-hal yang diatur dalam sosial masayarakat," katanya.

Pernikahan pasangan ABG berusia belia, Awal Rahman (14) dan Awalia Mar'a (14) di Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2017) menghebohkan warga. (FACEBOOK.COM/EVHY VHYIIOO)
Pernikahan pasangan ABG berusia belia, Awal Rahman (14) dan Awalia Mar'a (14) di Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2017) menghebohkan warga. (FACEBOOK.COM/EVHY VHYIIOO) ()

Dari ketiga pokok tersebut maka Cjamiruddin menyarankan agar sebagai warga yang baik maka harus mengikuti undang-undang pernikahan sesuai dengan ajaran Islam.

Sementara pihak Pemkab Bulukumba membenarkan berita tersebut, dan rencananya pihak pemkab akan lebih fokus turun ke warga mensosialisasikan pentingnya mengikuti pernikahan sesuai dengan aturan.

Diberitakan sebelumnya, pernikahan pasangan ABG berusia belia, Awal Rahman dan Awalia Mar'a di Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2017) menghebohkan warga.

Lantaran keduanya sama-sama masih berusia 14 tahun.

Halaman
123
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help