SriwijayaPost/

Progres Revalitasi Dikebut, Pedagang Kiri-Kanan Pasar Cinde Direlokasi

Selesai pengundian, pedagang diminta memindahkan barang mereka ke tempat yang baru dan mengosongkan lapak yang lama.

Progres Revalitasi Dikebut, Pedagang Kiri-Kanan Pasar Cinde Direlokasi
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH/DOKUMEN
Pasar Cinde 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- PD Pasar Palembang Jaya akan segera merelokasi para pedagang Pasar Cinde yang berada sisi kiri dan kanan pasar.

Rencana relokasi ini dikarenakan progres revitalisasi Pasar Cinde terus dikebut sehingga para pedagang pun mesti ditempatkan di luar bangunan.

Minggu (9/7), Kasi Operasional Pasar Cinde, Hendra Wijaya mengatakan, ada sekitar 620 pedagang yang akan direlokasi. Para pedagang akan ditempatkan di sisi kanan, sisi kiri dan depan pasar tersebut.

Dijadwalkan 14 Juli 2017 ini akan diadakan pengundian tempat lapak baru tersebut. Hal ini dilakukan demi mengedepankan asas keadalian.

"Harus diundi biar adil. Nantinya di sisi kanan dan kiri pasar itu diperuntukkan bagi pedagang kering, seperti pedagang pakaian dan lainnya. Sedangkan depan pasar itu pasar basah, untuk pedagang sayur, ikan dan daging," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan data sebelumnya, dari 800 petak di tempat pasar yang lama, namun hanya ada 620 pedagang yang tertib administrasi.

"Mereka inilah yang akan menempati kios dan los di tempat relokasi yang baru. Tertib administratif itu mereka rajin membayar pajak tahunan, bulanan dan harian," ujarnya.

Selesai pengundian, pedagang diminta memindahkan barang mereka ke tempat yang baru dan mengosongkan lapak yang lama.

"Silahkan dikosongkan, mungkin bisa satu atau dua minggu sudah pindah semuanya, baru pembangunan gedung baru dimulai. Nanti dipagari seng keliling dulu," jelasnya.

Hendra mengatakan, lapak baru ini direncanakan digunakan hanya satu tahun saja. Targetnya di gedung baru nanti, lantai satu dan dua bisa selesai satu tahun dari 14 lantai dengan jangka waktu penyelesaian selama dua tahun.

"Jika lantai satu dan dua selesai, pedagang di luar bisa langsung dipindahkan segera. Sedangkan sisa lantai atasnya dikelola swasta," terangnya.

Sementara itu Direktur PD Pasar Palembang Jaya Asnawi P Ratu, melalui Kasi Penertiban Mulyadi mengatakan, penampungan sementara pedagang di pasar Cinde akan ditempatkan disisi kanan, kiri dan depan pasar.

"Ada tiga titik, dua titik di sisi kanan dan kiri pembangunannya telah mencapai 80 persen, dan satu titik yang depan itu baru," jelasnya.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help