SriwijayaPost/

Bisa! 100 Menit Keliling Indonesia?

Ternyata tidak perlu 100 hari untuk keliling Indonesia seperti perjalanan Ramon Y Tungka dalam program 100 Hari Keliling Indonesia yang ditayangkan Ko

Bisa! 100 Menit Keliling Indonesia?
https://id.wikipedia.org
Pulau di Taman Mini Indonesia Indah. 

SRIPOKU.COM - Ternyata tidak perlu 100 hari untuk keliling Indonesia seperti perjalanan Ramon Y Tungka dalam program 100 Hari Keliling Indonesia yang ditayangkan Kompas TV.

Dengan waktu tempuh kira-kira 100 menit, kita pun bisa melakukannya. Bahkan, dengan mengendarai sepeda.

Berita Lainnya:
Ingin Liburan Saat Lebaran! Ke Bandung Saja, Ada 7 Lokasi Wisata Yang Menakjubkan Loh

Ya! Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jawabannya.

Seluruh provinsi di Indonesia telah terwakilkan oleh anjungan-anjungan yang berada di kompleks TMII, Jakarta Timur ini. Memang, harusnya ada 34 provinsi. Namun, provinsi termuda, yakni Kalimantan Utara, belum dibuatkan anjungannya.

Bahkan, Timor Leste yang dulu pernah jadi bagian dari Indonesia pun, tetap ada rumah adatnya. Berbeda dengan anjungan lain, rumah adat Timor Timur dinamakan museum.

Kompas.com mencoba menyusuri seluruh provinsi tersebut dengan bersepeda. Rupanya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 100 menit. Soal biaya, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

"Biaya sewa Rp 15.000 per jam untuk sepeda single. Kalau yang tandem Rp 25.000," ujar Neman, salah satu penyewa sepeda di TMII, Selasa (27/6/2017) lalu.

Jadi, dengan biaya Rp 50.000 ribu, Anda sudah bisa keliling Indonesia.

Penyewaan sepeda beroperasi sejak pukul 06.00 hingga pukul 18.00. Neman mengaku, pada musim libur Lebaran ini, jumlah penyewa meningkat.

Memang, berdasarkan data yang diberikan Manajer Informasi Budaya dan Wisata TMII, Ertis Yulia, sejak Lebaran hari pertama hingga ketiga, jumlah pengunjung TMII telah mencapai angka 150.000.

Jika Anda ingin mencoba keliling Indonesia dengan biaya murah meriah ini, jangan lupa berfoto di rumah adat untuk bisa diunggah di sosial media. Makin terasa liburan keliling Indonesia, bukan?

Penulis: Aningtias Jatmika

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
100 Menit Keliling Indonesia? Bisa!

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help