Ramadhan

Mau Berburu Malam Lailatul Qadr Ini Ciri-cirinya

Hampir setiap orang beriman --muslim berharap bisa bertemu dengan malam yang diberkahi, Malam Lailatul Qadr.

Mau Berburu Malam Lailatul Qadr Ini Ciri-cirinya
ist
Ilustrasi 

Berburu Malam Lailatul Qadr
Ini Ciri-cirinya

SRIPOKU.COM -- Hampir setiap orang beriman --muslim berharap bisa bertemu dengan malam yang diberkahi, Malam Lailatul Qadr. Malam yang penuh dengan kesejahteraan dan yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan.

Malam Lailatul Qadr itu sendiri hanya datang sekali setahun dan itu pun hanya di di bulan Ramadhan, sebagaimana diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bahwa Lailatul Qadr turun di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

“Carilah lailatul qadr pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan,” (HR Bukhari).

Lebih spesifik lagi, Lailatul Qadr pun sangat mungkin turun di malam-malam ganjil dari sepuluh malam terkahir, seperti diterangkan dalam Hadits riwayat al-Bukhari.

“Carilah lailatul qadr di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan,” (HR Bukhari).

Selain itu, Lailatul Qadr juga lebih memungkinkan turun di tujuh terakhir dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana hadits dari Ibnu Umar bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Carilah lailatul qadr di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa,” (HR Muslim).

Kendati demikian, ada pendapat yang mengatakan bahwa Lailatul Qadr turun pada malam ke-27, seperti diterangkan oleh Sahabat Abu Mundir Ubay bin Ka’ab. Namun pendapat yang dianggap paling kuat adalah pendapat yang diterangkan Ibnu Hajar dalam buku Fathul Baari yang ditulisnya.

Ibnu Hajar menerangkan bahwa Lailatul Qadr terjadi di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun. Hal itu tentu tergantung pada kehendak dan hikmah dari Pemilik malam tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala.

qadar3
Ilustarsi

Lalu, apa dan bagaimana tanda-tanda atau ciri-ciri malam Lailatul Qadr itu sendiri?

Halaman
12
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help