SriwijayaPost/

3 Titik Kemacetan Mudik Pantauan Kapolri

Kepala Kepolisian ( Kapolri) Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, bersama Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, memprediksi

3 Titik Kemacetan Mudik Pantauan Kapolri
http://bisniskeuangan.kompas.com/Kristianto Purnomo
Ilustrasi - Kemacetan mengular sepanjang 18 kilometer di ruas tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. 

SRIPOKU.COM , Cikampek - Kepala Kepolisian (Kapolri) Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, bersama Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, memprediksi akan timbul daerah kemacetan baru pasca difungsionalkannya tol menuju Semarang. Hasil ini didapat dari tinjuan lapangan yang dilakukan pada hari Rabu, (7/6/2017).

Berita Lainnya:
Dishub Lahat Sebar Posko Pantau Arus Mudik

Kepadatan di tiga titik tersebut terdiri dari tiga pintu tol, yakni Kaligangsa (Brebes Timur), Pejagan, dan juga Grinsing (Batang).

"Kemungkinan akan bergeser, tahun lalu pintu keluar Brebes Timur, tahun ini yang yang harus diwaspadai di tiga titik tadi," ucap Tito di Cikopo, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Prediksi kemacetan Gringsing karena lokasi tersebut akan menjadi akses para pemudik yang akan meneruskan ke Semarang atau daerah lainnya di Jawa Tengah. Namun, diperkirakan hal tersebut tidak separah di Brebes Timur seperti tahun lalu.

Untuk pintu tol Pejagan, kemacetan diperkirakan akibat simpul keluar rombongan pemudik menunju jalur Selatan. Namun untuk mencegah hal tersebut akan diatur dari Tol Cikopo.

"Jawa Barat itu seperti keran air di musim mudik. Arus dari Jakarta akan lebih banyak, karena itu kami himbau kesiapan untuk mengatur dan menerapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan," ujar Tito.

Untuk jalur Kaligangsa yang akan menjadi pintu masuk menuju Gringsing juga berpotensi terjadi kemacetan. Tapi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, mengatakan pihaknya sudah melakukan kordinasi untuk mengoptimalkan jalur tersebut, salah satunya dengan mengalihkan jalur bus ke Brebes Timur.

"Brebes Timur memang tetap akan mengalamai kepadatan, karena ada bottleneck yang menunju Gringsing. Kami sudah kordinasi, mulai dari mengalihkan bus penumpang ke Brebes Barat, sampai menyiapkan posko siaga," ucap Pudji dikesempatan yang sama.

Arus Balik
Selain melihat kesiapan menyambut rombongan arus mudik, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan juga menginfokan mengenai prediksi arus balk. Titik kemacetan utama untuk arus balik menuju Jakarta ada di Jawa Barat, lebih tepatnya di Nagrek dan tol Cikampek.

"Nagrek akan menjadi lokasi kamacetan arus balik ke Jakarta. Saya minta tolong untuk dikordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat agar bisa mensterilkan kawasan di sana dari pasar tumpah, dan lainnya yang menyebabkan perlambatan. Untuk Cikampek, Kementerian Perhubungan dengan polisi, dan Jasa Marga akan memberlakukan contraflow, khususnya di KM 66, karena itu jadi titik pertemuan dari arah Cikampek dan Selatan," papar Tito.

Penulis: Stanly Ravel

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Tiga Titik Kemacetan Mudik Pantauan Kapolri

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help